Breaking News:

Langit Pekanbaru Seperti Diselimuti Asap, Ini Penjelasan BMKG

Langit Pekanbaru dan daerah lainnya di Riau Kamis terlihat mendung seperti diselimuti asap, kondisi ini terjadi dari pagi hingga siang hari.

Tribun Pekanbaru/Nolpitos Hendri
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Langit Pekanbaru dan daerah lainnya di Riau Kamis (18/2/2021) terlihat mendung seperti diselimuti asap, kondisi ini terjadi dari pagi hingga siang hari, tidak terlihat birunya langit Pekanbaru.

Hanya saja bau menyengat asap belum terasa ke hidung, namun pandangan di udara terlihat mendung.

Apalagi pantauan satelit dari rilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru terpantau 35 titik panas di Riau yang tersebar di Pelalawan 12 titik, Inhil 9 titik, Bengkalis 7 titik, Inhu 4 titik, Siak 2 titik dan Dumai 1 titik.

Selain di Riau Terpantau juga di Sumatera Utara 26 titik, Aceh 14 titik, Jambi 8 titik, Sumatera Barat 6 titik, Kepulauan Riau 12 titik.

Kepala BMKG Pekanbaru Ramlan menjelaskan memang terlihat langit Pekanbaru mendung, hanya saja belum bisa dikatakan itu disebabkan asap.

"Ini memang cuaca mendung karena awan, karena kondisi lapisan atas panas/stabil, sehingga awannya tumbuh secara horizontal menutupi lagi, biasa hanya awan tipis," ujar Ramlan kepada tribunpekanbaru.com Kamis.

Ramlan menambahkan terkait banyaknya titik panas di Riau dan sejumlah wilayah lainnya di Sumatera belum bisa dipastikan itu adalah titik api.

"Kalau pun ada titik panas di Riau yang terpantau hari ini 35 titik, tapi belum tentu merupakan titik api," ujarnya.(Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved