Breaking News:

Perusahaan Farmasi Dunia Akan Terkaget-kaget, Terawan Bikin Vaksin Covid Murah Meriah, Tidak Ribet

Dokter Terawan tengah melakukan pengembangan Vaksin Nusantara bersama ilmuan, vaksin ini akan tersedia dalam harga yang sangat murah meriah

Tribunnews.com/ Fransiskus Adhiyuda
dr Terawan 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Meski kini tak lagi menjabat sebagai menteri kesehatan, Namun dr Terawan Putranto masih tetap mendedikasikan diri dalam pencegahan penyebaranyan virus corona atau Covid-19.

Terawan, kini tengah dalam tahap pembuatan vaksin yang murah bagi masyrakat, di tengah susahnya berbagai negara mendapatkan vaksin Covi-19, karena tingginya permintaan.

Saat dunia berebut vaksin Covid-19 karena langka dan terbatas, dokter Terawan Agus Putranto memberikan solusi murah meriah yang mungkin membuat farmasi raksasa dunia akan terkejut.

Setelah tidak lagi menjabat Menteri Kesehatan (Menkes), dokter Terawan tengah sibuk mengembangkan Vaksin Nusantara untuk melawan virus corona.

Pengembangan Vaksin Nusantara tersebut dilakukan Terawan bersama tim peneliti di laboratorium RSUP Kariadi Semarang, Jawa Tengah.

"Kami bersama-sama dengan teman-teman dari Aivita Biomedical Corporation dari Amerika Serikat dan juga dengan Universitas Diponegoro dan Rumah Sakit Kariadi Semarang ini bahu-membahu mewujudkan vaksin berbasis dendritic cell," kata Terawan saat diwawancarai KOMPAS TV.

Menurut dia, Vaksin Nusantara tersebut akan memberikan imunitas yang bisa bertahan lama.

"Dampaknya apa? Tentunya akan memberikan kekebalan terhadap Covid-19 dan karena ini sifatnya menjadi imunitas yang seluler tentunya akan bertahan lama, karena tingkatnya di sel bukan imunitas humoral tapi seluler," jelasnya.

Masuk Uji Klinis Fase II

Setelah melewati persiapan beberapa bulan, vaksin buatan anak negeri ini mulai dikembangkan sejak Desember dan selesai uji klinis fase I pada akhir Januari 2021.

Halaman
1234
Editor: Hendri Gusmulyadi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved