Breaking News:

Video Berita

VIDEO Siswa di Perkebunan Sawit Ini Kembangkan Program Nursery, Upaya Jitu Cegah Karhutla

Hasilnya tanamannya disumbangkan untuk penghijauan di area konservasi dan aliran sungai Gasib yang melintasi areal perkebunan perusahaan itu

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK-- Siswa SD dan SMP di lingkungan perkebunan sawit milik PT Kimia Tirta Utama (KTU) Astra Agro Lestari, di kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak, Riau kembangkan program nursery, tempat pembibitan tanaman.

Hasilnya tanamannya disumbangkan untuk penghijauan di area konservasi dan aliran sungai Gasib yang melintasi areal perkebunan perusahaan itu.

Humas PT KTU A Hardiman bersama Penggagas Program Nursery sekaligus Asisten CSR PT KTU Slamet Riyadi dan Guru SMP KTU Ari Apriyadi mengungkapkan, para siswa itu diajarkan cara pembibitan pohon endemik. Seperti pulai, meranti, kulim, pucuk merah, bintaro,Angsana, dan pohon buah seperti kelengkeng, tampui, kedondong, durian dan matoa.

“Kegiatan ini dilakukan oleh siswa SMP KTU sebagai projek belajar di masa pandemi Covid 19 saat siswa melakukan belajar di rumah ( BDR ).

Mereka telah berkontribusi besar dalam upaya menjaga dan melindungi flora dan fauna pada hutan konservasi PT Kimia Tirta Utama,” katanya kepada Tribunpekanbaru.com, Jumat (19/2/2021).

Hasil program nursery itu setidaknya telah menyumbang sebanyak 10.000 pohon endemic, pohon keras dan pohon buah untuk ditanam di sekitar area konservasi dan wilayah aliran sungai Gasib yang melintasi areal perkebunan PT KTU.

Pihak perusahaan merasa bangga dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh siswa dan guru pembimbing yang terlibat pada program itu.

Mereka memandang program ini sebagai langkah positif dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dan menanamkan rasa cinta terhadap lingkungan sejak dini kepada anak-anak.

“Bahkan program ini kami anggap sebagai upaya jitu dari anak-anak untuk mencegah lingkungan dari amukan Karhutla,” tambah Slamet.

Slamet berharap di masa yang mendatang kegiatan seperti ini tetap dilaksanakan dan dikembangkan. Kegiatan ini bisa dijadikan contoh oleh perusahaan-perusahaan lain untuk pelestarian lingkungan di areal konservasinya masing-masing.

Halaman
123
Penulis: Mayonal Putra
Editor: didik ahmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved