Breaking News:

Karhutla

Waduh, Peminjaman Heli untuk Pemadaman Karhutla di Riau Terkedala Kenapa?

Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di sejumlah daerah di Riau hingga saat ini masih terjadi.

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ilham Yafiz
Dokumentasi Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Ilustrasi Helikopter untuk operasi water bombing berada di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di sejumlah daerah di Riau hingga saat ini masih terjadi.

Petugas hingga saat ini masih berjibaku di lapangan untuk melakukan pendinginan di lokasi lahan yang sebelumnya sempat terbakar.

"Hari ini ada sembilan titik api, di pelalawan yang paling banyak, ada empat titik," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, Minggu (21/2/2021).

Sementara lima titik lagi tersebar di sejumlah daerah di Riau. Namun Edwar tidak menjelaskan secara rinci dimana saja sembilan titik api tersebut.

"Lima lagi saya lupa dimana, tapi petugas sudah berada di lokasi dan semua tinggal pendinginan, jadi pada prinsipnya semua sudah bisa dikendalikan dengan baik oleh rekan-rekan kita dilapangan," ujarnya.

Sementara terkait dengan permintaan helikopter yang sudah diajukan Pemprov Riau  ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga saat ini masih diproses oleh pemerintah pusat. 

Namun Edwar mengungkapkan, proses pengajuan peminjaman heli tidak semulus tahun-tahun sebelumnya. Sebab tahun ini hampir semua negara di Dunia dihadapkan dengan Pandemi Covid-19 yang juga berdampak terhadap proses peminjaman heli untuk pemadaman Karhutla.

"Dengan suasana Covid-19 saat ini memang ini terkendala, karena heli dan krew yang mau kita pinjam ini kan ada diluar negera, sementara dinegara itu sekarang sedang lokdown," katanya.

Sedangkan untuk Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) hingga saat ini juga masih diproses oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BNPT). TMC diharapkan bisa segera dilakukan di Riau untuk membuat hujan buatan. Sehingga bisa ikut membantu dalam pencegahan Karhutla di Riau.

"TMC juga masih diproses, harapan kita kalau bisa TMC ini memang lebih awal bisa dilakukan, sehingga saat musim kemarau nanti bisa kita lakukan pencegahan," katanya.

VIDEO: Sekitar 5 Ha Lahan Terbakar Di Tempuling, Sudah 2 Hari Kapolres Inhil Padamkan Karhutla

Akses Lokasi Sulit, Petugas Tak Bisa Jangkau Titik Api di 2 Lokasi Karhutla di Pelalawan

Riau Siaga Darurat Karhutla,BPBD Ajukan Pinjaman 3 Unit Heli ke BNPB, Apa Lagi yang Dilakukan?

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved