Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Hasil Rapat Banmus, DPRD Pekanbaru Segera Sahkan 5 Ranperda Jadi Perda Pekanbaru

DPRD Pekanbaru segera mengesahkan 5 Ranperda menjadi Perda Kota Pekanbaru, mulai awal Maret mendatang.

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Setelah melalui proses dan pembahasan yang matang, DPRD Pekanbaru segera mengesahkan 5 Ranperda menjadi Perda Kota Pekanbaru, mulai awal Maret mendatang.

Kepastian akan disahkannya 5 Perda tersebut, dari hasil rapat badan musyawarah (Banmus) DPRD Pekanbaru, Senin (22/2/2021).

5 Ranperda yang akan disahkan jadi Perda Kota Pekanbaru tersebut,  masing-masing Ranperda PDAM Tirta Siak, Ranperda Perseroda BPR, Ranperda Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), Ranperda BPPD dan Ranperda Inovasi Daerah.

Ilustrasi
Ilustrasi (b4networks.com)

"Kalau tidak ada halangan, 5 Ranperda ini akan kita paripurnakan. Jadwalnya kita siapkan secara teknis," kata Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ir Nofrizal MM, usai rapat Banmus.

Seperti diketahui, proses pembahasan 5 Ranperda ini sejak pertengahan tahun 2020 lalu. Sebenarnya, DPRD Pekanbaru membahas 9 Ranperda. 

Dua di antaranya Ranperda Inisiatif DPRD yakni Penanganan Covid - 19, dan Pemberantasan Narkoba. 

Sementara 7 Ranperda lainnya usulan Pemko masing-masing, Ranperda Perseroda PDAM, Ranperda Perseroda Sarana Pembangunan, Ranperda Perseroda Bank BPR, Ranperda Pendirian BUMD Transportasi Madani, Ranperda BUMD Sarana Pangan Madani, Ranperda BPPD, serta Ranperda Inovasi daerah.

Dengan akan disahkannya 5 Ranperda ini, maka masih ada 4 Ranperda yang belum disahkan.

DPRD melalui Pansus nya, mengaku masih membahas Ranperda ini.

Diakui Nofrizal, bahwa akan disahkannya 5 Ranperda ini, karena sudah melalui proses dan mekanisme, maupun koordinasi dengan pihak terkait.

"Termasuk halnya kita sudah konsultasi dengan Pemprov Riau. Kini memang aturannya dan metodenya, harus koordinasi sebelum diparipurnakan," terang Politisi PAN ini.

Selain pengesahan Ranperda, nantinya DPRD Pekanbaru akan melakukan agenda reses, serta paripurna penyampaian laporan keterangan pertanggung jawaban (LKPJ) Kepala Daerah akhir tahun 2020.

"Semuanya sudah kita agendakan di Banmus untuk Bulan Maret nanti," katanya. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).  

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved