Breaking News:

Pelalawan

Sudah 50 Hektar Lahan di Pelalawan Terbakar, Besok Pemda Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla

Berdasarkan data BPBD Pelalawan,hingga pekan ketiga Bulan Februari ini sudah tujuh kecamatan yang dilanda Karhutla di Pelalawan.

istimewa
Pemadaman api di lokasi Karhutla di Jalan Lintas Timur Desa Kemang Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan, Senin (22/02/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI- Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Pelalawan Riau mulai muncul dalam dua pekan ini. Titik api setiap hari semakin banyak dan muncul di beberapa daerah.

Menurut Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Abu Bakar FE, hingga pekan ketiga Bulan Februari ini sudah tujuh kecamatan yang dilanda Karhutla di Pelalawan.

Titik Karhutla paling banyak di Kecamatan Kuala Kampar dan Teluk Meranti yang merupakan daerah pesisir.

Hal itu yang membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan untuk menetapkan status siaga darurat bencana Karhutla

"Besok kita akan gelar pasukan dalam penanggulangan Karhutla, sekaligus penerapan status siaga darurat Karhutla," tutur Abu Bakar FE kepada Tribunpekanbaru.com, Senin (22/02/2021).

Karhutla di Riau, Jajaran Polda Riau Dikerahkan Padamkan 97 Titik Api, Ini Kendala di Lapangan

Karhutla di Pelalawan Mulai Meluas, Tim Gabungan Fokuskan Pemadaman di Tiga Titik Besar Ini

Abu Bakar menerangkan, penetapan status siaga darurat itu dibutuhkan untuk penanggulangan Karhutla lebih intens dan maksimal oleh tim gabungan.

Pihaknya melibatkan instansi yang tergabung dalam tim yakni TNI, Polri, Manggala Agni, hingga sembilan perusahaan yang aktif ikut menanggulangi Karhutla.

Berdasarkan pendataan yang dilakukan oleh BPBD, Karhutla telah melanda separuh lebih kecamatan yang ada di Pelalawan.

Bahkan telah menghanguskan puluhan hektar lahan, baik kebun milik masyarakat, semak belukar, hingga hutan.

"Berdasarkan data kita, sebanyak 50 hektar lahan yang telah terbakar sepanjang periode Januari dan Februari ini," tambah Abu Bakar.

Luas itu, lanjut Kepala Satpol PP dan Damkar Pelalawan ini, belum termasuk tiga titik Karhutla yang besar yang saat ini sedang ditangani. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved