Breaking News:

Berita Riau

Sejumlah Wilayah di Riau Dalam Ancaman Karhutla, Petugas Berjibaku Padamkan Api

Cuaca panas yang saat ini terjadi di Riau membuat kebakaran lahan dengan cepat meluas.

istimewa
Tim gabungan saat memadamkan api di satu lokasi Karhutla di Riau, tepatnya di Kabupaten Bengkalis. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Petugas gabungan saat ini sedang berjibaku melakukan pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di sejumlah wilayah di Riau.

Ada beberapa titik kebakaran lahan yang hingga saat ini apinya masih berkobar.

Diantaranya ada di desa Kempas, Kecamatan Pekan Tua Indragiri Hilir (Inhil). Kemudian di Kuala Cenaku dan Kuala Maya Indragiri Hulu (Inhil), kemudian di Rupat, Bukit Batu Tanjung Uban Bengkalis .

Sedangkan di Siak kebakaran lahan juga terjadi di daerah Bunsur dan Mengkapan.

Kemudian kebakaran lahan juga terjadi di Mundam Kota Dumai, kemudian di Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan di Dumai.

Personil gabungan memadamkan lokasi Karhutla di Kecamatan Teluk Meranti, Kamis (18/02/2021) lalu.
Personil gabungan memadamkan lokasi Karhutla di Kecamatan Teluk Meranti, Kamis (18/02/2021) lalu. (Istimewa)

"Di Lubuk gaung ini pernah kebakaran hebat di tahun 2019 lalu, ini terulang lagi dan sekarang petugas sedang bekerja keras untuk melakukan proses pemadaman, sore nanti kita akan kembali melakukan rapat evaluasi, kalau memang dibutuhkan tambahan kekuatan kita akan tambah regu kesana," kata Koordinator Wilayah (Korwil) Manggala Agni Provinsi Riau, Edwin Putra, S.Hut, M.Si, Selasa (23/2/2021).

Edwin mengungkapkan, cuaca panas yang saat ini terjadi di Riau membuat kebakaran lahan dengan cepat meluas. Petugas harus berjibaku memadamkan api agar api tidak terus menjalar.

"Ada beberapa daerah yang sudah lima sampai seminggu ini tidak hujan, jadi lahannya kering, sehingga api tidak hanya terlihat diatas, tapi sudah masuk ke bawah gambut, baranya terus menjalar, ini yang butuh waktu untuk proses pemadamannya," katanya.

Edwin mengungkapkan, ada beberapa daerah di Riau yang membutuhkan perhatian khusus. Yakni Rohil, Dumai, Bengkalis dan Kepulauan Meranti.

"Wilayan ini yang harus kita pantau secara maksimal. Karena daerah ini kan lahanya gambut dan cuaca juga sekarang sudah kering. Kemudian di beberapa wilayah penanganannya juga agak lama, karena lokasi kebakaran jauh dari jangkauan petugas. Seperti yang di Pulau-pulau itu kan perlu waktu untuk bisa sampai ke lokasi. Rata-rata daerah itu sudah status siaga semua," katanya.

Pemadaman api di lokasi Karhutla di Jalan Lintas Timur Desa Kemang Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan, Senin (22/02/2021).
Pemadaman api di lokasi Karhutla di Jalan Lintas Timur Desa Kemang Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan, Senin (22/02/2021). (istimewa)
Halaman
123
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved