Breaking News:

News Update

VIDEO: Peras & Ancam Sebar Video Syur, Pria Mengaku Anggota TNI Ditangkap Polda Riau

Setelah mendapatkan foto dan video syur korban, tersangka meminta uang kepada korban sebanyak Rp 30 juta disertai ancaman

TRIBUNPEKANBARU.com - Tim Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau kembali berhasil mengungkap kasus di bidang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Adapun modus yang dilakukan tersangka, yakni melakukan pemerasan melalui media sosial Facebook (FB).

Polisi menangkap satu pelaku inisial JH warga Desa Kota Baru Seberida Kec. Keritang Kabupaten Indragiri Hilir ditangkap karena melakukan tindak pidana pemerasan dengan total kerugian Rp 2,7 juta.

JH mengaku sebagai anggota TNI di media sosial Facebook, serta memeras korban puluhan juta dengan modus menyebarkan foto dan video vulgar korban.

Modus yang digunakan pelaku dengan cara berpura-pura menjalin hubungan dengan korban atas nama Junaida, dan meminta korban untuk mengirimkan video vulgar.

Setelah mendapatkan foto dan video syur korban, tersangka meminta uang kepada korban sebanyak Rp 30 juta disertai ancaman akan menyebarkan video vulgar korban jika tidak mengirimkan uang kepadanya.

Adapun modus dari pelaku ini yakni menjalin hubungan dengan korban dan meminta agar korban mengirimkan foto dan video vulgar dirinya, pelaku kemudian mengancam akan menyebarkan video vulgar korban ke saudara dan teman korban jika tidak memenuhi permintaan pelaku.

Kasubdit V Ditreskrimsus Polda Riau, Kompol Darul Qatni, menambahkan, pelaku meminta uang sejumlah Rp 30 juta kepada korban, dan sudah di transfer korban sebesar Rp 2,7 juta.

“Dari pelaku petugas mengamankan barang bukti berupa dua unit handphone, satu buku tabungan BNI, satu kartu ATM BNI, serta akun Facebook milik pelaku,” ujarnya.

Pelaku kemudian dibawa ke Mapolda Riau untuk pengusutan lebih lanjut, pelaku dijerat pasal Pasal 51 Ayat 1 dan Pasal 45 Ayat 4 Jo Pasal 27 Ayat 4 Undang- Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik.

Halaman
123
Penulis: Dodi Vladimir
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved