Breaking News:

Hari Ini Kabut Asap Tipis Mulai Selimuti Pelalawan, Diprediksi dari Karhutla di Teluk Meranti

Diprediksi asap yang muncul berasal dari Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi satu pekan terakhir.

Tribun Pekanbaru/Johannes Tanjung
Hari ini, Rabu (24/02/2021), kabut asap tipis mulai selimuti sebagian wilayah Kabupaten Pelalawan. Diprediksi asap yang muncul berasal dari Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi satu pekan terakhir di Teluk Meranti. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Hari ini, Rabu (24/02/2021), kabut asap tipis mulai selimuti sebagian wilayah Kabupaten Pelalawan yang diprediksi berasal dari Karhulla di Teluk Meranti.

Diprediksi asap yang muncul berasal dari Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi satu pekan terakhir.

Kabut tipis sangat jelas terlihat di angkasa Kota Pangkalan Kerinci sekitar pukul 09.30 wib. Asap semakin terlihat lantaran matahari tertutupi awan, bahkan mulai terasa pada Indra penciuman.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pelalawan, Abu Bakar FE menyebutkan, kabut asap yang mulai muncul diperkirakan berasal dari Karhutla yang ada di Kecamatan Teluk Meranti.

Pasalnya, titik api yang muncul sejak lima hari yang lalu belum bisa dipadamkan secara tuntas.

Alhasil asap masih muncul di lokasi kebakaran meski telah ditangani tim gabungan.

"Pagi ini memang mulai kabut sedikit. Itu dari Teluk Meranti. Anggota masih melakukan pendinginan di lokasi," ungkap Abu Bakar FE, kepada tribunpekanbaru.com, Rabu (24/02/2021).

Abu Bakar menjelaskan, titik api di lokasi Karhutla yang besar telah berhasil dipadamkan, personil gabungan melanjutkan dengan pendinginan, khususnya yang ada di Teluk Meranti dan Kuala Kampar.

Tim gabungan dari TNI, Polri, Manggala Agni, BPBD, Satpol PP dan Damkar, tim kecamatan, masyarakat, serta perusahaan sedang berjibaku di areal kebakaran.

Sedangkan Karhutla di Jalan Lintas Timur Desa Kemang Kecamatan Pangkalan Kuras telah padam total. Selain itu, beberapa titik api yang kecil-kecil yang muncul telah berhasil ditangani tim rayon kecamatan setempat.

"Hari ini belum ada laporan titik api baru. Tim kecamatan sedang melakukan patroli dan pemantauan," tandas Abu Bakar.

Hari ini ada dua hotspot atau titik panas yang muncul di Pelalawan dan keduanya terletak Kecamatan Teluk Meranti. Sedangkan peluang hujan nyaris tidak ada di Pelalawan. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved