Breaking News:

Kelakuan China Bisa Memicu Perang Dunia, AS Bentuk Aliansi Untuk 'Kuliti' Sang Naga

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan pasukan angkatan laut Beijing juga mengambil bagian dalam aktivitas hari Sabtu, tetapi tidak menjelaskan lebi

Republic of China (ROC) Ministry of National Defense via AP)
pesawat pembom milik China 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Perang China-Taiwan semakin nyata di depan mata. China semakin agresif mengerahkan jet tempurnya di wilayah udara pertahanan Taiwan

Sebagai tanggapan atas itu, Taiwan juga mengaktifkan misil rudal untuk mengantisipasi serangan peswwat China.

Semakin agresifnya militer China membuat sejumlah negara adidaya khawatir.

Sebab, aksi China itu akan membuat pecah konflik atau perang besar dengan Taiwan.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen telah berjanji untuk mempertahankan kemerdekaan Taiwan dan bertekad untuk mengawasi perombakan militer.

Ini termasuk mengembangkan armada kapal selam baru, membeli pesawat tempur F-16 baru dari Amerika Serikat dan meningkatkan kapal perangnya.

Kondisi ini terjadi setelah Beijing menerbangkan satu skuadron jet tempur dan pembom di dekat pulau-pulau yang diawasi oleh Taiwan di wilayah Laut China Selatan yang diperebutkan.

Melansir Express.co.uk, Kementerian Pertahanan Taiwan mengklaim telah melihat 11 jet China pada hari Sabtu (20/2/2021), termasuk delapan pesawat tempur, sebuah pesawat anti-kapal selam dan dua pembom H-6 berkemampuan nuklir, di dekat Kepulauan Pratas. 

Ketegangan antara kedua negara sudah tinggi karena Beijing telah melakukan latihan di wilayah yang disengketakan pada hari Jumat (19/2/2021).

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan pasukan angkatan laut Beijing juga mengambil bagian dalam aktivitas hari Sabtu, tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut.

Pada hari Sabtu, juru bicara Departemen Luar Negeri AS menegaskan kembali seruan sebelumnya kepada China untuk menghentikan tekanan militer, diplomatik, dan ekonominya terhadap Taiwan.

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved