Breaking News:

Video Berita

Video: Sudah 5 Hari Berjibaku, Karhutla di Inhil Masih Terpantau 2 Hotspot

Sudah sekitar 5 hari tim gabungan antara lain, Polsek Gaung, Polsek GAS, Babinsa, bersama masyarakat berjibaku menangani Karhutla di Inhil

TRIBUNPEKANBARU.COM, GAUNG – Tim gabungan masih menanggulangi Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) di perbatasan Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) dan Kecamatan Gaung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Kamis (25/2).

Sudah sekitar 5 hari tim gabungan antara lain, Polsek Gaung, Polsek GAS, Babinsa, PT CBK dan PT BDL bersama pihak desa dan masyarakat berjibaku menangani Karhutla di Inhil.

Lahan yang terbakar merupakan milik warga Desa Semambu Kuning Parit Ara kecamatan Gaung dan Desa Rambaian Kecamatan GAS yang berdampingan dengan PT Citra Palma Kencana (CPK) di perbatasan Desa tersebut.

Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan melalui Kapolsek GAS Iptu Agus Susanto menuturkan, pendinginan masih dilakukan di lokasi yang sama yaitu Dusun Terentang, Desa Simambu Kuning, Kecamatan Gaung.

“Sekitar 5 Ha yang terbakar. Saya masih di lokasi, kita tinggal pendinginan saja lagi ditengah, api nggak ada. Alhamdulillah tidak masuk hotspot lagi,” ungkap Kapolsek GAS kepada Tribun Pekanbaru.

Kapolsek GAS menjelaskan, pendinginan dibantu oleh pihak PT. BDL yang menurunkan mesin tomatsu 6 nozel dan selang besar sebanyak 25 gulung.

“Kepala Distrik PT BDL ikut ke lokasi karhutla. Perusahaan membantu mesin sehingga kita tidak kesulitan,” beber Iptu Agus.

Menurut Iptu Agus, meskipun lokasi Karhutla di perbatasan dan lokasi bukan di Kecamatan GAS, pihaknya bersama pihak terkait lainnya akan terus memantau dan melakukan pendinginan hingga benar-benar sudah tidak ada lagi titik-titik api yang menyala di tengah-tengah lahan warga.

“Peta di hotspot masih memakai peta lama, tapi tidak masalah karena moto saya karhutla harus sama – sama di atasi dan jangan pulang sebelum padam. 

Lokasi tetap dan tidak melebar lagi karena kemaren sudah kita batasi kelilingnya bersama anggota Polri dan Masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Posko Karhutla BPBD Kabupaten Inhil terdapat 2 hotspot di Kabupaten Inhil Kamis (25/2) hingga pukul 16.00 WIB.

Hotspot terpantau di Kecamatan Enok dan Kecamatan Gaung Kabupaten Inhil, Riau.(Tribunpekanbaru.com/T. Muhammad Fadhli).

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: aidil wardi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved