Breaking News:

Api Berkobar di Tanjung Sari, Pemda Bakal Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla di Inhu

Pemkab Inhu merencanakan rapat koordinasi lintas sektor untuk membahas soal penetapan status siaga darurat Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla di

istimewa
Petugas KPBD Inhu melakukan pemadaman di lokasi Karhutla di Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat, Inhu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, RENGAT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhu merencanakan rapat koordinasi lintas sektor untuk membahas soal penetapan status siaga darurat Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla di Inhu.

Rencana ini berdasarkan bertambahnya satu titik api di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Setelah pemadaman kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) di Desa Kuala Mulia, Kecamatan Kuala Cenaku, Kabupaten Inhu tuntas tim kembali direpotkan dengan kemunculan api di Desa Tanjung Sari yang juga berada di Kecamatan Kuala Cenaku, Kabupaten Inhu. Oleh karena itu 

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu, Ergusfian, S.Sos ketika dikonfirmasi Tribunpekanbaru.com, Jumat (26/2/2021).

Ergusfian menerangkan bahwa lokasi kebakaran lahan di Desa Tanjung Sari berada di perbatasa antara Kabupaten Inhu dan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Namun menurut Ergusfian tim yang berada di lapangan masih belum dapat titik pasti kebakaran lahan tersebut berada di Kabupaten Inhu atau Kabupaten Inhil.

"Lokasi kebakaran berada persis di perbatasan antara Kabupaten Inhu dan Kabupaten Inhil, namun menurut informasi dari lapangan sebagian besar wilayah yang terbakar berada di Kabupaten Inhil," kata Ergusfian kepada Tribunpekanbaru.com.

Untuk memastikan titik lokasi kebakaran lahan tersebut, pihak KPBD Inhu mencoba berkoordinasi dengan OPD terkait di Kabupaten Inhil.

Namu hingga kini belum ada keterangan resmi dari pihak Kabupaten Inhil.

"Kita juga kesulitan berkoordinasi dengan tim di lapangan, karena di daerah itu sulit sinyal," ujarnya.

Namun tim KPBD Inhu dan sejumlah petugas gabungan lainnya tetap turun ke lapangan untuk melakukan upaya pemadaman.

Sementara itu, Ergusfian menyampaikan bahwa titik api di Desa Kuala Mulia sudah berhasil dipadamkan. Pemadaman tuntas dilakukan pada Kamis (25/2/2021) kemarin.

"Api di Desa Kuala Mulia sudah padam, namun kita tetap melakukan pemantauan selama empat hari ke depan," katanya.

Menyikapi kondisi titik api yang terus bertambah, KPBD Inhu berencana melaksanakan rapat koordinasi dengan seluruh unsur terkait untuk menetapkan status siaga bencana.

Rencananya rapat tersebut akan digelar pada Senin (1/3/2021) mendatang.

"Pada rapat tersebut akan dibahas dan ditetapkan soal status siaga bencana," pungkasnya. (Tribunpekanbaru.com/Bynton Simanungkalit)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved