Breaking News:

Gubernur Riau Syamsuar Mau Ngutang Rp 2,5 Triliun ke PT SMI, Ini Rencana Penggunaan Uangnya

Rencana Gubernur Riau Syamsuar melalui Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau ngutang ke pihak ketiga sepertinya tidak berjalan mulus

KONTAN/AHMAD FAUZIE
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Rencana Gubernur Riau Syamsuar melalui Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau ngutang ke pihak ketiga sepertinya tidak berjalan mulus.

Meski sebelumnya Gubernur Riau Syamsuar menyebut bahwa Pemprov Riau sudah mengajukan pinjaman uang sebesar Rp2,5 triliun ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) namun hingga saat ini belum ada jawaban dari pihak PT SMI.

Gubernur Riau Syamsuar, Jumat (26/2/2021) mengungkapkan, pinjaman dana kepada pihak ketiga tersebut rencananya akan digunakan untuk perbaikan dan pembangunan infrastruktur di Riau.

Mulai dari jalan, jembatan, irigasi hingga ke sektor pertanian. 

Sebab jika hanya mengandalkan APBD, pembangunan insfrastruktur di Riau akan berjalan lambat. 

"Belum ada tindaklanjutnya. Artinya belum ditanggapi pemerintah pusat," kata Syamsuar.

Saat disinggung apa yang menyebabkan pinjaman tersebut belum disetujui, Gubri mengatakan, belum ditanggapi pengajuan pinjaman uang Pemprov Riau itu lantaran saat ini ada aturan baru dari pemerintah pusat terkait pinjaman pemerintah kepada pihak ketiga. 

 "Jadi kita menunggu itu (aturan baru soal pinjaman uang),"katanya.

Meski belum mendapatkan lampu hijau dari PT SMI terkait pengajuan pinjaman yang diajukan Pemprov Riau kepada PT SMI, namun Gubri Syamsuar masih optimis pinjaman tersebut akan diberikan. 

"Tapi yang jelas pinjaman uang ini masih memungkinkan.

Bahkan kemarin saat pertemuan dengan Bappenas, ada provinsi seperti Sumatera Selatan (Sumsel) memakai skema Kerjasama antar Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), dan pola investasi dari asing," katanya. 

Gubri telah mengintruksikan Kepala Dinas PUPR Riau untuk melakukan kunjungan kerja ke Sumsel, guna mempelajari skema pinjaman yang digunakan Sumsel.

"Saya sudah minta ke Dinas PUPR belajar dengan Sumsel.

Mana tahu kita di Riau bisa menggunakan pola seperti itu (KPBU dan investasi asing)," katanya. (Syaiful Misgiono)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved