Breaking News:

Dumai

Penyelundupan Ratusan Botol Miras Bernilai Hampir Rp 1 Miliar Berhasil Digagalkan di Dumai

Bea Cukai Dumai berhasil mengamankan 71 kotak yang masing kotak berisi 12 botol dan 5 kotak berisi 6 botol MMEA berbagai merk tanpa cukai.

Tribun Pekanbaru/Doni Kusuma
Ratusan Dus atau Kotak minuman keras yang berhasil diamankan aparat di Kota Dumai 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI- Petugas Bea Cukai Dumai berhasil menggagalkan penyelundupan dan beredarnya ratusan botol miras illegal di wilayah kota Dumai, pada Rabu (24/2/2021).

Tidak sedikit, Bea Cukai (BC) Dumai, berhasil mengamankan sebanyak, 850 Botol Minuman Mengandung Etil Alkohol atau di masyarakat luas dikenal sebagai minuman keras (miras) illegal.

Kepala BC Dumai, Fuad Fauzi melalui Kasi PLI BC Dumai, Gatot Kuncoro membenarkan bahwa telah berhasil menggagalkan ‎penyelundupan Miras pada Rabu (24/2/2021).

"Pengungkapan ini tak lepas dari peran serta masyarakat dalam mendukung tugas dan fungsi Bea Cukai sebagai Community Protector, melindungi masyarakat dari barang berbahaya," katanya, Jumat (26/2/2021).

Dirinya menjelaskan, miras termasuk Barang Kena Cukai (BKC) yang konsumsinya perlu dibatasi dan peredaranya sangat diawasi, karena sifatnya yang dapat merugikan kesehatan dan atau merusak lingkungan.

Merk miras yang diselundupkan di Kota Dumai
Merk miras yang diselundupkan di Kota Dumai (Tribunpekanbaru.com/Doni Kusuma)

Untuk pengungkapan ini, Gatot menerangkan, penangkapan bermula dari informasi masyarakat yang diterima petugas Bea Cukai Dumai, bahwa adanya kegiatan mencurigakan kegiatan pembongkaran barang yang diduga illegal di salah satu pelabuhan rakyat di daerah Sungai Sembilan Lubuk Gaung Kota Dumai.

"Mendapat informasi tersebut, petugas bergerak melakukan pemeriksaan atas kebenaran informasi tersebut," sebutnya

Saat berada di TKP, tambahnya, petugas menemukan apa yang diinformasikan, setelah dilakukan penyisiran petugas Bea Cukai Dumai, menemukan kendaraan minibus bak terbuka jenis L 300 yang diduga tengah mengangkut barang dicurigai yang telah dibongkar di salah pelabuhan rakyat tersebut.

"Setelah cukup dilakukan pengamatan dan meyakini kebenaran informasi masyarakat, petugas Bea Cukai menghentikan kendaraan tersebut di daerah Purnama Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai," imbuhnya.

Ia menjelaskan dari penindakan ini petugas Bea Cukai berhasil mengamankan 71 kotak yang masing kotak berisi 12 botol dan 5 kotak berisi 6 botol MMEA berbagai merk tanpa dilekati pita cukai, yang disembunyikan dibalik terpal plastik L300 tersebut.

Halaman
12
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved