Breaking News:

PT KTU Cegah Karhutla di Tengah Pandemi dengan Patroli Terpadu

Pemerintah Kecamatan Koto Gasib bersama Polsek Koto Gasib dan PT Kimia Tirta Utama (KTU) untuk melakukan patroli Karhutla

tribunpekanbaru.com
Ketua Satgas Pengendalian Karhutla Dicky Sofyan memberikan pengarahan saat apel sebelum patroli siaga Karhuta dilaksanakan, Jumat (26/2/2021) di halaman Mapolsek Koto Gasib. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Di tengah masa pandemi covid19, Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Koto Gasib berkolaborasi dengan Polsek Koto Gasib dan perusahaan setempat, yakni PT Kimia Tirta Utama (KTU) untuk melakukan patroli terpadu.

Patroli itu untuk mengantisipasi terjadinya Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Wilayah Kecamatan Koto Gasib.

Mereka menggelar patroli ke kampung-kampung yang rawan karhutla.

Tak hanya patroli, juga dilakukan gabungan personel dari TNI, Satpol PP, Manggala Agni KLHk dan RPK perusahaan.

Patroli itu juga dilakukan di kawasan PT KTU di Koto Gasib.

Ketua Satgas Pengendalian Karhutla Kecamatan sekaligus Camat Koto Gasib Dicky Sofyan mengungkapkan sebagaimana arahan Menteri LHK.

Sosialisasi UU Cipta Kerja kepada Buruh di PT KTU, Bahas Soal Cuti dan Jam Lembur hingga Pesangon

VIDEO: IPB Teliti Emisi Kelapa Sawit di Perkebunan PT KTU Siak, Hasilnya Membantah Penelitian Barat

Pihaknya lebih mengutamakan upaya pencegahan dalam pengendalian Karhutla. Patroli terpadu merupakan upaya pencegahan yang telah dilaksanakan sejak 2015 silam di kecamatan itu.

“Kegiatan yang dilakukan teman-teman di lapangan pada saat patroli terpadu adalah menjaga desa rawan Karhutla serta beberapa desa di sekitarnya sehingga tidak terjadi karhutla di wilayah tersebut,” ungkap Dicky.

Kegiatan ini meliputi monitoring kawasan, sosialisasi, pencarian informasi dan pemetaan masalah, melakukan groundcheck hotspot apabila terdeteksi muncul hotspot maka dilakukan pemadaman dini.

“Pokoknya jangan sampai api membesar,” tambah Dicky.

Administratur PT KTU Hubbal K Sembiring mengungkapkan, dengan adanya kegiatan patroli dan posko terpadu pencegahan karhutla diharapkan upaya pencegahan karhutla di tingkat tapak yang melibatkan multistakeholder akan semakin sinergis.

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: rinalsagita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved