Breaking News:

Kenang jasa Bapak Pandu Dunia, Kwarda Riau peringati Hari Baden-Powell ke-164 

Setiap tanggal 22 Februari diperingati sebagai Hari Baden-Powell oleh Gerakan Kepanduan se-Dunia, salah satunya adalah Gerakan Pramuka.

istimewa
Ketua kwarda riau H.M Azaly Djohan saat menyampaikan sambutan pada peringatan hari Baden Powell ke-164 di Bumi Perkemahan Pusdiklatda Riau, senin 22/02/2021. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Setiap tanggal 22 Februari diperingati sebagai Hari Baden-Powell oleh Gerakan Kepanduan se-Dunia, salah satunya adalah Gerakan Pramuka.

Baden-Powell lahir pada tanggal 22 Februari 1857. Peringatan tahun ini merupakan peringatan yang ke-164 tahun kelahirannya.

Walaupun pandemi covid-19 belum berakhir, sebagai sebuah penghargaan Gerakan Pramuka akan segala ilmu, jasa, serta perjuangan Baden Powell untuk mewujudkan kepanduan dunia, Kwartir Daerah (Kwarda) Riau memperingati Hari Baden-Powell dengan menerapkan protokol kesehatan di Bumi Perkemahan Pusdiklatda Riau pada Senin, 22/02/2021.

Bertindak sebagai Pembina Upacara Ketua Kwarda Riau H.M.Azaly Djohan dan dihadiri oleh Ketua Harian Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka H. Masrul Kasmy, Sekretaris Mabida Riau Indrawansyah, Ketua Harian Kwarda Riau H. OK. Nizami Jamil, Sekretaris Kwarda Riau Indra Irianto, Pengurus Kwarda Riau dan Dewan Kerja Daerah Riau dengan jumlah terbatas.

Baden-Powell atau lengkapnya Robert Stephenson Smyth Baden-Powell adalah Bapak Pandu atau Bapak Pramuka Dunia.

Dari pemikirannya, lahir gerakan pendidikan bagi anak-anak dan remaja di luar lingkungan keluarga dan di luar lingkungan sekolah. 

Pendidikan nonformal ini yang pertama kali digagas di lnggris pada 1907, kemudian berkembang dengan pesatnya ke seluruh dunia, termasuk ke lndonesia.  

Pendidikan kepanduan atau kepramukaan yang digagas Baden-Powell pada hakekatnya adalah pendidikan paripurna bagi kaum muda.

Anak-anak bukan hanya dididik dari segi pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga dari segi pendidikan karakter.

Sehingga kelak, anak-anak dan remaja dapat menjadi manusia-manusia yang berguna bagi diri mereka sendiri, keluarganya,masyarakat, bangsa, dan negara.

Halaman
12
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved