Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Pembangunan Tugu Bahasa Masih Wacana, DPRD Pekanbaru Minta Tunda Dulu, Jika Mendesak Pakai CSR Saja

Rencana Pemko Pekanbaru akan membangun tugu monumen Bahasa Indonesia, direspon oleh legislator di DPRD Pekanbaru.

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU -  Rencana Pemko Pekanbaru akan membangun tugu monumen Bahasa Indonesia, di area Perkantoran Tenayan Raya Pekanbaru, direspon oleh legislator di DPRD Pekanbaru.

Meski masih sebatas wacana, dan menunggu legalitas administrasinya dari pemerintah pusat, namun Komisi IV DPRD yang membidangi pembangunan justru mengkritik rencana ini.

Sebab, di masa pandemi plus masih minimnya APBD Pekanbaru sekarang, disebutkan bahwa waktu pembangunan Tugu Bahasa tersebut kurang tepat.

"Tugu Bahasa ini kan sama halnya dengan icon. Tak usah lah dulu bangun simbol-simbol seperti ini. Kan sekarang masa sulit, pandemi masih membayangi. Tidak etis juga," kata Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Ruslan Tarigan SPd, Jumat ((5/3/2021) kepada Tribunpekanbaru.com.

Anggota Fraksi PDI-P DPRD Pekanbaru Ruslan Tarigan SPd MH
Anggota Fraksi PDI-P DPRD Pekanbaru Ruslan Tarigan SPd MH (Istimewa)

Seharusnya di masa pandemi dan susahnya anggaran sekarang, pemerintah justru fokus membantu ekonomi masyarakat, agar menggeliat lagi. Tidak justru ingin menghamburkan uang hanya untuk tugu icon.

Ruslan yang juga juru bicara Fraksi PDI-P DPRD Pekanbaru ini mengaku, jika pemerintah tetap ngotot membangun Tugu Bahasa ini, apalagi menggunakan uang APBD Pekanbaru, justru dikhawatirkan menimbulkan riak di tengah masyarakat.

"Jangan lah lukai hati masyarakat seperti ini. Jika pun alasannya mendesak, bangun dengan cara lain. Seperti menggunakan dana CSR dan sebagainya. Kan banyak perbankan dan perusahaan di Kota Pekanbaru ini," tegasnya.

Ruslan sangat mafhum tujuan pembangunan Tugu Bahasa ini sangat mulia. Yakni untuk mengingatkan dunia dari mana asal bahasa Indonesia, yakni dari Bahasa Melayu. 

"Kalau kondisi sudah bagus, bisa lah. Sekarang jangan lah dulu," saran Ketua BK DPRD Pekanbaru ini.

Tidak hanya Komisi IV, Komisi III DPRD Pekanbaru yang membidangi tentang pendidikan ini juga, menyarankan hal yang sama. Justru hingga kini mereka tidak mengetahui rencana Pemko ini, karena tidak pernah dibahas di DPRD Pekanbaru.

Halaman
12
Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved