Breaking News:

Dirikan Posko hingga di Desa, Permintaan Gubri pada Bupati dan Walikota, Riau Siaga Darurat Karhutla

Gubernur Riau Syamsuar meminta bupati dan walikota di wilayahnya segera mendirikan posko Karhutla hingga tingkat desa

istimewa
Foto: Karhutla di Pelalawan tepatnya di Desa Sungai Solok Kecamatan Kuala Kampar. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar meminta bupati dan walikota di wilayahnya segera mendirikan posko Karhutla hingga tingkat desa.

Hal itu diminta Gubri lewat Surat Edaran (SE) yang telah dikirimkan kepada kepada bupati/wali kota.

Pendirian posko siaga darurat Karhutla sampai ke tingkat desa guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla di kabupaten dan kota.

"Pak Gubernur sudah mengirim surat edaran kepada bupati/wali kota agar membuat posko siaga darurat Karhutla sampai ke tingkat desa," kata Asisten I Setdaprov Riau, Jenri Salmon Ginting, Minggu (7/3/2021).

Jenri Ginting mengatakan posko siaga darurat Karhutla sampai ke tingkat desa tersebut bertujuan untuk menjaga kebakaran lahan pribadi maupun perusahaan.

"Kita harap bupati/wali kota agar cepat menindaklanjuti surat edaran itu. Sehingga harapan kita ke depan, bisa mencegah kebakaran lahan di tahun 2021 ini," katanya.

Jenri Ginting menyatakan posko siaga di desa sangat penting, sehingga ketika terjadi kebakaran bisa cepat dilakukan tindakan lebih cepat.

"Mudah-mudahan dengan begitu tahun ini luas kebakaran lahan di Riau bisa ditekan. Karena harapan kita bagaimana Riau bebas asap tahun 2021," ujarnya.

Terpisah, Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution secara tegas menyatakan bahwa kasus kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla di Provinsi Riau akibat tangan jahil manusia.

"Kalau kita cermati, karhutla ini lebih banyak akibat ulah tangan jahil manusia," tegas mantan Danrem 031/Wirabima itu,

Halaman
12
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved