Breaking News:

Techno

Instagram Paling Atas, Bersama 19 Apilikasi Lainnya Membagikan Data Pengguna Ke Pihak Ketiga

Menurut riset pCloud, Instagram diketahui membagikan 79 persen data pengguna yang dikumpulkannya kepada pihak ketiga.

Techcrunch
Transformasi logo Instagram 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Baru-baru ini, penyedia layanan cloud storage, pCloud, merilis hasil riset terkait aplikasi yang paling banyak melacak dan membagikan data penggunanya.

Dari riset berjudul "The most invasive apps: which apps are sharing your personal data?", pCloud membuat daftar 20 aplikasi yang paling banyak melacak dan membagikan data penggunanya. 

Dari daftar tersebut, diketahui Instagram menjadi aplikasi yang paling invasif, karena melacak dan membagikan data pengguna paling banyak, yakni 62 persen data penggunanya.

Selain itu, Instagram diketahui membagikan 79 persen data pengguna yang dikumpulkannya kepada pihak ketiga.

Kesimpulan ini didapatkan setelah pCloud menganalisis label privasi "nutrition labels" yang digulirkan Apple melalui pembaruan iOS 14.

Redmi Note 10 Series, Ponsel Mid Range Dengan Desain yang Kelas Flagship

Label privasi yang tersedia di halaman aplikasi App Store ini berisi informasi tentang jenis data pengguna apa saja yang diambil oleh aplikasi beserta tujuan penggunaannya.

Menurut label privasi aplikasi tersebut, Instagram mengumpulkan berbagai jenis data pengguna untuk tujuan yang beragam.

Misalnya, anak perusahaan Facebook itu mengumpulkan jenis data seperti info kontak (alamat, alamat e-mail, nama, dan nomor telepon), pengenal (ID pengguna, dan ID perangkat), beserta data lainnya untuk melacak pengguna di seluruh aplikasi dan situsnya.

Instagram juga mengumpulkan data riwayat pembelian, informasi finansial, lokasi, info kontak, riwayat penelusuran, hingga konten pengguna untuk keperluan iklan pihak ketiga.

Halaman
123
Editor: CandraDani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved