Breaking News:

Berita Riau

Patroli Udara di Langit Riau, 2 Jet Tempur F-16 Temukan Karhutla di Perbatasan Siak dan Bengkalis

Dua pesawat tempur F-16 dari Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru menemukan lokasi Karhutla berada di perbatasan Kabupaten Siak dan Bengkalis.

Istimewa
Pesawat tempur F-16 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, saat menemukan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau, Selasa (9/3/2021) 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU-Pesawat tempur F-16 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, melakukan patroli udara kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau

Harpy Flight dari "Rydder" Skadron Udara 16 Wing 6 ini, mengerahkan dua unit pesawat.

Diantaranya TS-1608 yang diawaki oleh Danskadud 16 Mayor Pnb Andri Setyawan, ST, MMOAS dan TS-1623 yang diawaki oleh Lettu Pnb Galih Rakasiwi dan Kapten Pnb Yusuf Atmanegara, melaksanakan latihan Basic Fighter Maneuver atau BFM di Military Training Area (MTA) Lanud Roesmin Nurjadin.

Komandan Lanud (Danlanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Marsma TNI Andi Kustoro mengatakan, upaya pencegahan Karhutla akan terus dilakukan.

Baca juga: Danlanud Roesmin Nurjadin Apresiasi Skadud 16 Terima Penghargaan Zerro Accident Award

Baca juga: Dua Penerbang Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin Sukses Terbang Solo

Pesawat tempur F-16 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, melakukan patroli udara kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau
Pesawat tempur F-16 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, melakukan patroli udara kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau (Istimewa)

Ini adalah bentuk komitmen bersama seluruh elemen yang tergabung di dalam Satgas siaga penanggulangan bencana asap akibat Karhutla di Riau.

"Pesawat tempur yang ada di Lanud Roesmin Nurjadin akan terus melakukan patroli udara bersamaan dengan melaksanakan latihan. Hal ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya Karhutla di Riau dan juga membantu pemerintahan daerah dalam upaya bersama-sama untuk mewujudkan Riau tanpa asap. Diharapkan semua elemen dapat mendukungnya," kata Marsma Andi.

Lanjut dia, patroli udara dengan pesawat tempur ini dapat mendeteksi secara dini penyebaran titik Karhutla di Sumatera khususnya wilayah Bumi Lancang Kuning. Sehingga dapat dengan cepat ditangani.

Baca juga: Lanud RSN Pekanbaru Bantu Warga Kurang Mampu dan Terdampak Covid-19 dalam Momen Hari Bakti TNI ke 73

Baca juga: Perwira TNI AU yang Dinas di Lanud RSN Ini Lulus Sangat Memuaskan di Sekolah Militer Inggris

Sementara itu, Komandan Skadron Udara 16, Mayor Pnb Andri Setyawan menjelaskan, berdasarkan pantauan selama patroli udara, ditemukan lokasi Karhutla berada di daerah Dasan, perbatasan Kabupaten Siak dan Bengkalis.

"Patroli Karhutla di latihan profisiensi ini adalah salah satu fungsi dari Dinas Operasi Lanud Rsn sebagai Posko Udara Satgas Karhutla 2021, hasilnya nanti akan langsung disampaikan oleh crew kepada posko Karhutla untuk tindakan pemadaman lebih lanjut," jelasnya.(Tribunpekanbaru.com/Rizky Armanda)

Penulis: Rizky Armanda
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved