Breaking News:

Siapa Pemberi Izin Truk Odol Masih Bebas Masuk Kota? DPRD Pekanbaru Sebut Pengawasan Lemah

Masyarakat pengendara belakangan ini mengeluhkan, bebasnya masuk truk ODOL atau truk tonase besar, ke dalam kota di jam-jam sibuk di siang hari.

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Masyarakat pengendara belakangan ini mengeluhkan, bebasnya masuk truk Over Dimension Over Loading (ODOL) atau truk tonase besar, ke dalam kota di jam-jam sibuk di siang hari.

Kondisi ini terus terjadi, karena lemahnya pengawasan dari pihak terkait. Baik dari Dishub maupun Satlantas Polri. Karenanya, kalangan DPRD Pekanbaru meminta, agar pihak terkait melakukan tindakan ril sesegera mungkin. Terutama melarang truk tonase besar tersebut masuk kota di siang atau sore hari.

"Dalam hearing kemarin kita sudah sampaikan ke Dishub Pekanbaru, siapa yang bertanggung jawab atas odol masuk kota ini. Harusnya kan tidak boleh," tegas Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Robin Eduar SH MH kepada Tribunpekanbaru.com, Kamis (11/3/2021).

Menurut Politisi PDI-P ini, ada beberapa kerugian bagi masyarakat dan pemerintah, akibat bebasnya truk odol ini bebas masuk kota. Selain kemacetan dan kekhawatiran penyempitan jalan, kecelakaan, juga jalan juga bisa rusak, karena tidak sesuai bobot tonasenya.

Robin bahkan langsung monitoring setelah banyaknya keluhan masyarakat, bahwa ODOL tersebut melintas via jalan Riau menuju Sudirman, lalu ke Pelabuhan Sungai Duku, dan kembalinya memutar di depan Star City Square, selanjutnya melintasi jembatan Siak IV.

"Sesuai UU No 22 tahun 2009 tentang lalulintas dan angkutan jalan, Ini kan sudah melanggar. Tapi kenapa dibiarkan, padahal sudah sejak lama terjadi. Ironisnya lagi, tindakan tegas tidak ada nampak. Makanya kami pertanyakan siapa yang memberikan izin masuknya, kenapa tidak ada tindakan tegas," kata Robin lagi.

Kondisi jalan Kota Pekanbaru saat ini, lanjut Robin, tidak sesuai, karena dibuat tidak untuk lalulintas ODOL.

"Herannya kita melintas jembatan Siak IV pula, apa kuat jembatan itu untuk kendaraan ODOL. Rusak semua jalan yang dilintasi, kriting dan jalan sudirman pun ikut rusak, " terangnya.

Karena sudah berlarut-larut, DPRD secara kelembagaan meminta, agar semua pihak yang memiliki kewenangan untuk sama-sama menjaga kondisi jalan.

"Mari selamatkan jalan khususnya yang di Pekanbaru. Jika tidak, ini membahayakan pengguna jalan, dan banyak kejadian yang sudah terjadi," katanya.

Halaman
12
Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved