Breaking News:

Iran Berkoalisi dengan Gerakan Houthi Yaman Lacarkan Serangan Drone ke Arab Saudi

Iran bersekutu dengan Gerakan Houthi Yaman Senin (15/3/2021), meluncurkan serangan drone bersenjata ke Selatan Arab Saudi.

REUTERS/REUTERS TV
Ledakan yang ditimbulkan pemberontak Houthi beberapa tahun lalu 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Iran bersekutu dengan Gerakan Houthi Yaman Senin (15/3/2021), meluncurkan serangan drone bersenjata di bandara Abha dan pangkalan udara di Kota Khamis Mushait, Selatan Arab Saudi.

"Ini adalah bagian dari hak kami yang sah untuk menanggapi kejahatan agresi dan blokade yang terus berlanjut," kata Yahya Sarea, juru bicara Houthi, dalam sebuah posting di Twitter, seperti dikutip Reuters.

Sebelumnya, koalisi militer pimpinan Arab Saudi melancarkan serangan udara di ibu kota Yaman yang dikuasai Houthi, Sanaa, pada Minggu (7/3), setelah mereka mencegat serbuan drone dan rudal yang diluncurkan kelompok itu.

Saling serang itu menandai eskalasi baru dalam konflik enam tahun Yaman antara Pemerintah Yaman yang didukung koalisi Arab Saudi dan Houthi.

"Operasi militer itu menargetkan kemampuan militer Huthi di Sanaa dan sejumlah provinsi lain," kata Koalisi Arab Saudi, Saudi Press Agency melaporkan, seperti dikutip Channel News Asia.

Itu terjadi setelah koalisi mengatakan, telah mencegat total 12 drone dan dua rudal balistik yang diluncurkan oleh Houthi pada Minggu, peningkatan tajam dalam serangan lintas perbatasan di Arab Saudi.

Menurut koalisi Arab Saudi, serangan drone itu ditujukan untuk sasaran "sipil" di Kerajaan, tanpa menyebutkan lokasinya.

Sedang kedua rudal yang dicegat Koalisi menargetkan Kota Jizan, Selatan Arab Saudi, tanpa menyebutkan, apakah ada korban atau kerusakan.

Koalisi menyebutkan, menargetkan warga sipil di Arab Saudi adalah "garis merah". Dan, tindakan Houthi "tidak akan mengarah pada penerapan penyelesaian politik".

( Tribunpekanbaru.com )

Artikel ini sebelumnya tayang di Kontan, https://internasional.kontan.co.id/news/houthi-luncurkan-serangan-drone-bersenjata-ke-bandara-dan-pangkalan-udara-arab-saudi

Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved