Breaking News:

Karhutla di Riau 2021

Riau Kaya Minyak, Tapi Daerah Ini Ngutang untuk Operasional Penanganan Karhutla di Riau

Karhutla di Riau berlanjut, Kabupaten Kepulauan Meranti telah menetapkan status Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla)

Penulis: Teddy Tarigan | Editor: Nolpitos Hendri
Istimewa
Riau Kaya Minyak, Tapi Daerah Ini Ngutang untuk Operasional Penanganan Karhutla di Riau. Foto: Petugas sedang melakukan pemadaman 

TRIBUNPEKANBARU.COM, MERANTI - Karhutla di Riau berlanjut, Kabupaten Kepulauan Meranti telah menetapkan status Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terhitung sejak 16 Februari 2021 sampai 31 Oktober 2021.

Sejumlah kasus Karhutla di Riau telah terjadi sejak awal Januari 2021 hingga saat ini dan begitu juga di Kepulauan Meranti.

Walaupun demikian, seluruh tim gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah, pihak Polres, TNI, Kecamatan, masyarakat dan perusahaan telah berjibaku agar tetap melakukan upaya penanganan dan antisipasi Karhutla di Riau khususnya di Meranti.

Walaupun demikian secara normatif penganggaran tim khususnya dari BPBD Kepulauan Meranti untuk penanganan Karhutla dari anggaran ABPBD Kepulauan Meranti sama sekali tidak ada.

Hal tersebut disampaikan oleh Kalaksa BPBD Kepulauan Meranti Idris Sudin saat ditemui Tribun di ruang kerjanya Rabu (17/3/2021).

Dirinya mengatakan sejauh ini penanggaram dari ABPD Kepulauan Meranti untuk BPBD hanya sebatas untuk operasional kantor dan gaji.

Bahkan hal ini juga diperparah dengan kondisi pandemi yang mengharuskan refocusing anggaran dari OPD sebanyak 8 persen.

"Jumlah anggaran dari APBD murni hanya Rp 500 juta dipotong 8 persen, jadi itu untuk operasional kantor dan pegawai," ungkap Idris.

Dirinya mengatakan untuk operasional penanganan karhutla yang dilakukan selama ini mereka harus rela berhutang terlebih dahulu, untuk kemudian nanti dibayarkan melalui Dana Reboisasi yang disiapkan pemerintah pusat.

"Kita hutang dulu, mulai dari operasional tim uanh turun ke lapangan, minyak mesin dan lainnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved