Breaking News:

Mantan Pejabat Dituntut 7 Tahun 6 Bulan, Denda Rp 300 Juta,Sidang Korupsi Belanja BBM di Pelalawan

Oleh JPU, terdakwa yang dalam kegiatan bermasalah tersebut bertindak sebagai Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), dituntut 7,5 tahun penjara

Penulis: Rizky Armanda | Editor: Nurul Qomariah
TRIBUNPEKANBARU/RIZKY ARMANDA
Sidang kasus korupsi belanja bahan bakar minyak (BBM), gas dan pelumas pada Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Pelalawan Tahun Anggaran 2015 dan 2016, Kamis (18/3/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sidang kasus korupsi belanja bahan bakar minyak (BBM), gas dan pelumas pada Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Pelalawan Tahun Anggaran 2015 dan 2016, kembali digelar.

Pada Kamis (18/3/2021), sidang yang dilaksanakan di Pengadilan Tipikor pada PN Pekanbaru kali ini, agendanya adalah pembacaan tuntutan oleh jaksa penuntut umum (JPU) Kejari Pelalawan terhadap terdakwa M Yasirwan.

Oleh JPU, terdakwa yang dalam kegiatan bermasalah tersebut bertindak sebagai Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), dituntut 7,5 tahun penjara.

JPU Jodi Valdano SH, di hadapan majelis hakim yang dipimpin Mahyudin mengatakan, perbuatan terdakwa telah terbukti melanggar Pasal 2 ayat (1).

Jo Pasal 18 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Menuntut terdakwa M Yasirwan dengan pidana penjara selama 7 tahun 6 bulan. Terdakwa juga dibebankan membayar denda sebesar Rp300 juta atau subsider 3 bulan kurungan badan," kata JPU.

Tidak hanya itu, JPU juga mewajibkan M Yasirwan untuk membayar uang pengganti kerugian negara sebanyak Rp1,8 miliar lebih.

Jika tidak dibayarkan, maka harta bendanya disita untuk negara.

"Dan jika harta benda terdakwa tidak mencukupi untuk menutupi kerugian negara, maka diganti dengan pidana penjara selama 3 tahun 9 bulan," tegas JPU.

Atas tuntutan tersebut, hakim ketua mempersilakan terdakwa untuk menanggapi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved