Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Meluas, Dua Helikopter Water Bombing Dikerahkan Atasi Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau

Tim Satgas diperkuat dua helikopter water bombing bantuan BNPB dengan kapasitas 4.000 liter air dan helikopter KLHK

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tim Satgas Karhutla Riau sudah melakukan upaya baik melalui darat maupun melalui udara.

Tim Satgas diperkuat dua helikopter water bombing bantuan BNPB dengan kapasitas 4.000 liter air dan helikopter KLHK dengan kapasitas 1.000 liter yang dikerahkan untuk melakukan upaya pemadaman karhutla.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Riau, Jim Gafur mengatakan bahwa ada tiga helikopter water bombing bantuan BNPB yang berada di Kota Pekanbaru, namun hanya satu helikopter yang bisa digunakan untuk melakukan water bombing.

"Sementara dua helikopter bantuan BNPB lainnya masih menunggu proses perizinan dan kontak," ujar Jim Gafur kepada wartawan, Rabu (17/3/2021).

Jim Gafur berharap dua helikopter water bombing bantuan BNPB segera bisa dioperasikan mengingat eskalasi Karhutla bisa menyebar dan membutuhkan water bombing.

"Mengingat meluasnya karhutla di Riau disebabkan menurunnya intensitas curah hujan yang terjadi di sejumlah daerah terutama di wilayah Riau bagian timur," kata Jim.

Luas area yang terbakar di provinsi Riau sejak awal Januari 2021 hingga pertengahan Maret mencapai 803 hektar dan tersebar di sepuluh Kabupaten dan Kota di Riau.

Adapun daerah yang terbakar yakni Kabupaten Bengkalis mencapai 223 hektar, kota Dumai 111 hektar, Indragiri Hilir 129 hektar, Meranti 45 hektar, Siak 78 hektar, Kampar 34 hektar, Rokan Hilir 31 hektar, Pelalawan 51 hektar, Indragiri Hulu 29 hektar dan Kota Pekanbaru 4 hektar.

Penulis: Dodi Vladimir
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved