Breaking News:

Karhutla di Riau, Lahan Terbakar Sudah Mencapai 811 Hektare, Petugas Masih Berjibaku Padamkan Api

Karhutla di Riau semakin meluas. Sejak awal Januari 2021 hingga saat ini total luas lahan terbakar di Riau mencapai 811,16 hektare.

Istimewa
FOTO ILUSTRASI - Karhutla di Riau semakin meluas. Sejak awal Januari 2021 hingga saat ini total luas lahan terbakar di Riau mencapai 811,16 hektare. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU -  Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla di Riau semakin meluas.

Sejak awal Januari 2021 hingga saat ini total luas lahan terbakar di Riau mencapai 811,16 hektare. 

Kebakaran lahan di Riau paling luas terjadi di Kabupaten Bengkalis yang mencapai 293,86 hektare. Disusul Indragiri Hilir 129 hektare, kemudian Dumai 111,1 hektare, Siak 78,9 hektare, Pelalawan 52 hektare, Meranti 45,5 hektare, Kampar 34,55 hektare, Rokan Hilir 31 hektare, Indragiri Hulu 29,25 dan Pekanbaru 4 hektare. 

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Ghafur, Minggu (21/3/2021) mengungkapkan, hingga saat ini kebakaran hutan dan lahan di Riau sudah terjadi di 10 kabupaten kota di Riau. Tersisa dua kabupaten lagi yang masih nihil Karhutla.

"Rohul dan Kuansing masih nihil Karhutla, mudah-mudahan ini bisa dipertahankan agar di daerah ini tidak terjadi Karhutla," katanya.

Pemerintah Pusat Kirim Dua Pesawat dan Tiga Heli Bantu Tangani Karhutla di Riau

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga saat ini sudah memberikan bantuan untuk mengantisipasi Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau.

Bantuan tersebut berupa alat pemadam kebakaran serta helikopter dan pesawat.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Gafur, Jumat (19/3/2021) mengatakan, untuk mendukung operasi pemadaman Karhutla di Riau pemerintah pusat sudah mengirimkan satu unit pesawat Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dari TNI Angkatan Udara jenis Cassa 212 yang saat ini sudah beroperasi.

"Bantuan tersebut diberikan sesuai dengan status siaga darurat Karhutla yang sudah ditetapkan oleh pemerintah provinsi Riau. Serta juga karena adanya permintaan dari Pak Gubernur," kata Jim.

Halaman
123
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved