Breaking News:

Sudah 49 Kali Kejadian Lahan Terbakar, Karhutla di Siak Hanguskan 85,6 Ha Lahan Dominan Gambut

Karhutla di Siak telah menyebabkan 85,6 Ha lahan terbakar yang terdiiri dari wilayah pertanian dan hutan dalam rentang Januari-Februari 2021.

istimewa
Karhutla di Siak tepatnya di Kampung Lalang, Kecamatan Sungai Apit, Jumat (5/3/2021). Karhutla di Siak telah menyebabkan 85,6 Ha lahan terbakar yang terdiiri dari wilayah pertanian dan hutan dalam rentang Januari-Februari 2021. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Karhutla di Siak telah menyebabkan 85,6 Ha lahan terbakar yang terdiiri dari wilayah pertanian dan hutan dalam rentang Januari-Februari 2021.

Terdapat 49 kejadian Karhutla dalam 2 bulan tersebut dengan sedikitnya 28 titik kebakaran.

Masyarakat Kabupaten Siak diuntungkan dengan turunnya hujan beberapa kali dalam minggu kemarin.

Hal tersebut melegakan baik Satgas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) maupun masyarakat umum.

Bupati Siak Alfedri mengungkapkan, kobaran api Karhutla di daerah dominan gambut untuk kabupaten Siak mengalami perkembangan yang baik.

Jumlah luasan Karhutla tidak separah pada 2016 ke bawah, karena itu Siak menjadi tim terbaik untuk penanggulangan Karhuta di 7 kabupaten dominan gambut di Riau.

“Ini patut kita syukuri namun tetap kita waspadai terkait potensi Karhutla. Meski kita sudah memperbaiki diri agar Karhutla tidak terjadi dan dapat ditanggulangi, namun pada 2021 ini daerah kita sudah dilanda Karhutla,” kata Alfedri, Minggu (21/3/2021).

Dari data yang diuraikannya, sedikitnya sudah terbakar seluas 85,6 H lahan dan hutan di kabupaten Siak. Kebakaran ini terjadi hanya dalam waktu 2 bulan yakni Januari-Februari 2021.

Karhutla yang telah menghanguskan 85,6 Ha lahan pertanian dan hutan itu akibat 49 kejadian Karhutla dalam 2 bulan tersebut. Sedikitnya terdapat 28 titik kebakaran.

Alfedri menguraikan, pada Januari 2021 terdapat 3 titik Karhutla dengan 3 kali kejadian. Kejadian itu menghanguskan 10, 4 Ha lahan dan hutan.

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved