Breaking News:

INILAH Prediksi Harga Mobil 2500 CC Jika PPnBM Diberlakukan: Innova, Fortuner & Pajero Jadi Sorotan

harapannya industri otomotif dan turunannya bisa lebih cepat mengalami pemulihan usai terpukul cukup parah akibat pandemi Covid-19.

grid
Kisaran harga Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner jika PPnBM diberlakukan pada mobil 2.500 cc 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pemerintah tengah mempersiapkan aturan Pajak Pembelian atas Barang Mewah (PPnBM) 0 Persen untuk mobil 2.500 cc.

Sri Mulyani sebelumnya mengungkapkan, wacana pemberian isentif untuk mobil dengan kapasitas silinder 2.500 cc merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo.

Saat melakukan rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI beberapa waktu yang lalu, Sri Mulyani mengungkapkan kebijakan tersebut bakal diberikan kepada mobil dengan syarat tingkat komponen dalam negeri sebesar 70 persen.

"Jadi sedang melakukan penyempurnaan, asal TKDN 70 persen bisa sampai ke 2.500 cc, ini yang nanti meng-address isu mengenai beberapa permintaan terhadap monbil di atas 1.500 cc di dalam relaksasi PPnBM yang diberikan," jelas Sri Mulyani ketika melakukan rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Senin (15/3/2021).

Dengan pemberlakuan kebijakan tersebut harapannya industri otomotif dan turunannya bisa lebih cepat mengalami pemulihan usai terpukul cukup parah akibat pandemi Covid-19.

"Jadi memang saat ini (yang berlaku) 1.500 cc, arahan dari Presiden untuk menyampaikan kalau dilihat memang bisa di atas 1.500 cc asalkan TKDN-nya 70 persen itu mungkin bisa jadi pertimbangan," ujar Sri Mulyani.

Baca juga: Cerita Semalam Freddy Budiman Jelang Dieksekusi Mati, Tidur Sama Putranya, Pesan Haru: Papa Pergi Ya

Baca juga: Ketagihan Dilayani Siswi SMP di Kamar, Pria Batam Minta Jatah 16 Kali, Ancam Korban Pakai Foto

Dalam kebijakan yang saat ini berlaku, diskon PPnBM berlaku hingga Desember 2021 mendatang. Besaran diskon yang diberikan pun akan lebih kecil seiring dengan berjalannya waktu.

Untuk periode Maret 2021 hingga Mei 2021, pemerintah memberi diskon sebesar 100 persen untuk setiap pembelian mobil dengan kapasitas silinder hingga 1.500 cc. Artinya, PPnBM digratiskan atau ditanggung pemerintah sepenuhnya.

Sementara untuk periode Juni 2021 hingga Agustus 2021, besaran diskon yang diberikan sebesar 50 persen.

Sementara untuk periode September 2021 hingga Desember 2021, diskon yang diberikan sebesar 25 persen.

Baca juga: Dewa Kipas Catur Kalah, Chelsie Monica Instagram Dicari, Chelsie Monica Sihite Siapa ? Ternyata GIW

Baca juga: JADWAL Resmi PPnBM Mobil 2.500 CC: Innova & Fortuner Diprediksi Turun hingga Rp 200 Jutaan

Halaman
123
Editor: Firmauli Sihaloho
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved