Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Jalan Sudah Banyak Diaspal, Pekerjaan Galian IPAL Paket SC-1 Hampir Selesai, Ini Kata DPRD Pekanbaru

Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Sigit Yuwono ST meminta, agar kontraktor pelaksana galian perpipaan IPAL ini, bekerja sesuai progres tahapannya.

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pekerjaan galian perpipaan limbah Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di beberapa titik di Kota Pekanbaru, yang dikerjakan kontraktor PT WIKA-KARAGA, KSO khusus paket SC-1, kini sudah mendekati penyelesaian.

Bahkan kini kontraktor terus mengejar target, untuk menyelesaikan secepatnya, meski secara kontrak selesai pada akhir Desember 2021 mendatang.

Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Sigit Yuwono ST meminta, agar kontraktor pelaksana galian perpipaan IPAL ini, bekerja sesuai progres tahapannya. Terutama pekerjaan paket SC-1.

"Sampai saat ini, kita lihat pekerjaan galian IPAL masih menyisakan PR. Ini harus diselesaikan. Tentunya sesuai dengan kewenangan kontraknya masing-masing," kata Sigit Yuwono kepada Tribunpekanbaru.com, Selasa (23/3/2021).

Pekerja dari kontraktor PT WIKA-KARAGA, KSO khusus paket SC-1, tampak mengaspal Jalan Kuau di Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru. Foto diambil belum lama ini.
Pekerja dari kontraktor PT WIKA-KARAGA, KSO khusus paket SC-1, tampak mengaspal Jalan Kuau di Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru. Foto diambil belum lama ini. (Tribun Pekanbaru/Syafruddin Mirohi)

Manager Project PT WIKA, Lutfi Bina menjelaskan, bahwa pihaknya secara bertahap, sudah melakukan pengembalian beberapa jalan, yang sudah dilakukan penggalian di kawasan Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru.

Seperti halnya di Jalan Nenas, Jalan Teratai, Jalan Kuau, Jalan Murai, dan beberapa jalan lainnya, yang sudah dilakukan Pengaspalan.

"Pekerjaan Paket SC-1 ini berada di Kecamatan Sukajadi, yang menyasar beberapa Kelurahan. Di antaranya Kelurahan Kampung Tengah, Kelurahan Kampung Melayu dan Kelurahan Sukajadi," terang Lutfi kepada wartawan.

Sementara itu, Azwar Anas selaku Engineering Paket SC-1 menjelaskan, bahwa saat ini proses pemasangan pipa yang dilakukan di ruas jalan area pemukiman warga, memasuki tahap akhir dari proses pembangunan jaringan ini.

Maksudnya, pembangunan sambungan rumah yang menghubungkan jaringan perpipaan, yang sudah digali di ruas jalan menuju rumah-rumah warga, pekerjaannya mendekati penyelesaian.

Seperti diketahui, Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Terpadu (SPALD-T), merupakan sistem pengolahan air limbah domestik, dari rumah-rumah warga secara kolektif (jaringan perpipaan), ke sub sistem pengolahan terpusat (IPAL) untuk diolah sebelum dibuang ke badan air permukaan (sungai).

Halaman
12
Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved