Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Kisah Ketua Fraksi Gerindra DPRD Pekanbaru Wan Agusti dan Alm Syarwan Hamid, Jangan Mau Diadu Domba

Ucapan belasugkawa termasuk dari Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Pekanbaru H Wan Agusti atas wafatnya Syarwan Hamid.

Istimewa
Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Pekanbaru yang juga Dewan Kehormatan LAM Pekanbaru, H Wan Agusti (kiri) saat foto bersama dengan Alm Syarwan Hamid beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Berbagai ucapan belasungkawa berdatangan atas berita duka wafatnya tokoh Melayu Riau, H Syarwan Hamid, Kamis. Ucapan belasugkawa termasuk dari Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Pekanbaru H Wan Agusti.

Politisi senior yang juga menjabat sebagai Dewan Kehormatan LAM Pekanbaru ini, menceritakan kisahnya dengan Alm Syarwan Hamid semasa hidupnya.

Dikisahkannya, Mantan Menteri Dalam Negeri tersebut, merupakan sosok tegas, yang banyak menjadi inspirasi orang Melayu saat itu. Apalagi di saat berdiskusi dengannya, semangat dan adrenalin untuk menjadi orang besar, seakan terpatri.

Bahkan semangat itu pula, membawa orang yang selalu dekat dengannya, terus berkobar. Apalagi untuk membela hak-hak masyarakat terzalimi.

"Saya beberapa kali bincang-bincang dengan almarhum di rumahnya. Katanya, jangan pernah bosan membela kepentingan orang banyak, apalagi di kampung sendiri. Intinya, orang Melayu jangan mau jadi tamu di daerahnya sendiri," kata Wan Agusti menirukan ucapan almarhum Syarwan Hamid, kepada Tribunpekanbaru.com.

Untuk diketahui, Syarwan Hamid yang merupakan putra asli kelahiran Siak Sri Indrapura Provinsi Riau, pernah didapuk menjadi Panglima Besar DPP Lembaga Laskar Melayu Bersatu (LLMB) Riau dan Kepulauan Riau.

Dia juga menyandang gelar Datuk Lela Setia Negara, yang dianugerahkan LAM Riau, atas jasa-jasa membela masyarakat Adat Melayu Riau.

"Bagi saya pribadi khususnya, termasuk beberapa pejabat di Riau, sudah banyak mendapatkan tunjuk ajar dari almarhum. Terutama dalam membela Bumi Melayu, agar tidak disalahgunakan penguasa, dan Melayu tidak lekang oleh zaman. Dia juga meminta, agar masyarakat Melayu bersatu, untuk membangun daerah ini, jangan mau diadu domba demi jabatan atau pun lainnya," sebut Wan Agusti yang juga menjabat selaku Wakil Ketua Komisi IV DPRD ini.

Inilah bentuk kepercayaan masyarakat Riau dan Kepulauan Riau terhadap Datuk Syarwan Hamid, yang juga sebagai tokoh masyarakat Riau.

Selain itu, Datuk Syarwan Hamid juga pernah menyandang gelar Datuk Lela Setia Negara, gelar itu dianugerahkan Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, atas jasa-jasa dan rasa bangga masyarakat Adat Melayu Riau," ungkap Wan Agusti

Sebagai pejabat yang pernah menduduki kursi Mendagri ini, juga meminta, supaya masyarakat Melayu, membantu pemerintah yang pro-rakyat. Baik melalui kekuasaannya, maupun melalui organisasi dan lainnya, demi terciptanya masyarakat Riau yang sejahtera.

"Kami masyarakat Riau, khususnya Melayu mendoakan, semoga amal ibadah dan jasanya diterima disisi Allah SWT, selamat jalan Datuk," kata Wan Agusti. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi). 
 

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved