Breaking News:

Dipuji Presiden RI Jokowi, Teknologi Nursery PT RAPP Hasilkan Produk Ramah Lingkungan di Riau

ndonesia memiliki teknologi yang tak kalah canggihnya termasuk dalam pengelolaan Hutan Tanaman Industri (HTI) dan saat ini dimilik PT RAPP

Istimewa
Dipuji Presiden RI Jokowi, Teknologi Nursery PT RAPP Hasilkan Produk Ramah Lingkungan di Riau. Foto: Seorang pekerja nursery sedang mengamati pertumbuhan bibit akasia di Nursery PT RAPP 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN - Indonesia memiliki teknologi yang tak kalah canggihnya termasuk dalam pengelolaan Hutan Tanaman Industri (HTI) dan saat ini dimilik PT RAPP .

Teknologi tersebut diterapkan PT Riau Andalan Pulp and Paper atau PT RAPP mulai dari riset, pengembangbiakan bibit secara massal di area pembibitan (nursery) hingga menghasilkan produk pulp dan kertas yang berkualitas dan berkelanjutan.

PT RAPP melihat, berkat kemajuan riset dan pengembangan, setiap bibit pohon yang dikembangkan dan ditanam mampu menghasilkan pulp berkualitas tinggi dengan sifat yang lebih baik.

Tak hanya itu, prosesnya mengonsumsi lebih sedikit energi dan lebih tahan terhadap ancaman hama penyakit.

“Di sini ada Nursery yang kapasitasnya 300 juta bibit. Saya tanya, di mana di dunia yang memiliki persemaian bibit sebesar yang ada di sini.

Saya kaget terus terang dengan jumlahnya yang begitu besar.

Tunjukkan di negara mana ada persemaian sebesar ini di Kabupaten Pelalawan,” kata Presiden Joko Widodo saat mengunjungi Kerinci Central Nursery (KCN) di sela-sela peresmian pabrik PT Asia Pacific Rayon (APR) beberapa waktu lalu.

Jokowi juga mengatakan hal ini menjadi bukti bahwa teknologi Indonesia tidak kalah dengan negara-negara di Eropa dan Amerika.

Ditambah lagi, kayu yang dihasilkan dalam pembibitan nantinya tidak hanya diproduksi menjadi pulp dan kertas saja, melainkan bisa diolah menjadi serat rayon yang hasil akhirnya bisa dibuat pakaian.

Nursery Manager PT RAPP, Cosa Adrian mengatakan selama ini Nursery memiliki peranan penting dalam industri pulp dan kertas.

Halaman
123
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved