Breaking News:

Berita Riau

Polda Riau Dalami Soal PT PSJ Diduga Jadi Penampung TBS Dari Koperasi Bermasalah

Penyidik Polda Riau telah mengantongi bukti-bukti adanya keterlibatan PT PSJ dalam menampung tanda buah segar sawit dari koperasi bermasalah.

Penulis: Rizky Armanda
Editor: CandraDani
Tribunpekanbaru.com/Rizky
Dir Reskrimum Polda Riau, Kombes Pol Teddy Ristiawan 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU-Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Riau, saat ini sedang mendalami dugaan pemalsuan surat atau penggelapan hak atas tanah yang menjerat pengurus Koperasi Gondai Raya dan pengurus Koperasi Sri Gumala Sakti di kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan.

Dimana, kasus ini diduga bermuara pada PT Peputra Supra Jaya (PSJ).

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dir Reskrimum) Polda Riau, Kombes Teddy Ristiawan menegaskan, pihaknya telah mendapatkan bukti awal tentang adanya keterlibatan PT PSJ dalam permasalahan yang menjerat pengurus koperasi tersebut.

"Bukti awal keterlibatan PT PSJ yang menjerat pengurus koperasi dalam kasus ini sudah kita dapatkan," ungkap Kombes Teddy, Jumat (26/3/2021).

Baca juga: Amankan PSU Pilkada Rohul 2020 di 25 TPS, 101 Personel Brimob Polda Riau Diturunkan ke Rohul

Baca juga: Uang Kuliah Mahasiswa di Riau Rp 6,5 Miliar Diduga Digelapkan Pengelola Yayasan, Diusut Polda Riau

Dijelaskan Dir Reskrimum Polda Riau, pengusutan yang dilakukan pihaknya saat ini, berawal dari diamankannya sebuah truk dengan nomor polisi BM 8339 KA, mengangkut 3 ribu kg sawit milik Kelompok Tani Maju yang merupakan binaan plasma Koperasi Sri Gumala Sakti di lokasi Pabri Kelapa Sawit (PKS) PT PSJ.

"Setelah mengamankan truk, kita melakukan penggeledahan di PKS PT PSJ, dan mendapati dokumen dokumen laporan rekap penerimaan buah sawit bukti timbangan dari kelompok Tani Maju," ucapnya.

"Begitu juga dengan dokumen yang kita dapatkan dari kantor perusahaan PT PSJ di Pekanbaru, kita juga temukan dokumen terkait perjanjian kerjasama perusahaan dengan koperasi dan addendumnya. Sudah kami sita. Ini mengindikasikan bahwa PT PSJ ini memiliki keterkaitan dengan lingkaran kasus ini," imbuh Perwira Menengah (Pamen) berpangkat bunga melati tiga ini lagi.

Baca juga: Minta Polda Riau Usut Illegal Mining, Ini Pernyataan Aliansi Masyarakat Peduli Pangkalan Baru Kampar

Baca juga: VIDEO: Polda Riau Ungkap 5 Kasus Peredaran Narkoba Dengan 12 Tersangka

Atas temuan tersebut, Teddy menyebutkan pihaknya akan menelusuri kemana saja aliran dananya.

“Kami akan intensif memeriksa, dan tidak menutup kemungkinan nanti akan kita terapkan juga Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU)-nya," jelas dia.

Teddy menyatakan, sejauh ini penyidik telah mengantongi bukti-bukti yang mendukung atas dugaan adanya keterlibatan PT PSJ dalam kasus yang sedang ditangani tersebut.

Sebelumnya, pengurus Koperasi Gondai Raya dan pengurus Koperasi Sri Gumala Sakti dilaporkan oleh pihak PT NWR atas penguasaan lahan yang telah memperoleh ketetapan Mahkamah Agung.(Tribunpekanbaru.com/Rizky Armanda)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved