Breaking News:

Yudisium FIA 42, Tetaskan Lulusan Berdaya Saing di Era Society 5.0

Bertempat di Aula Pustaka Universitas Lancang Kuning (UNILAK) Pekanbaru dilaksanakan Yudisium Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) ke 42, Kamis (25/3).

istimewa
Sidang Senat Terbuka Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Lancang Kuning Dalam Rangka Yudisium ke 42 Tahun 2021. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Bertempat di Aula Pustaka Universitas Lancang Kuning (UNILAK) Pekanbaru dilaksanakan Yudisium Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) ke 42, Kamis (25/3).

Hadir dalam kesempatan ini Wakil Rektor II Hardi SE MM beserta pimpinan lembaga dan fakultas. Tema yang diangkat adalah “Menjadi Alumni Yang Berkarakter Dan Berkompeten Siap Bersaing Di Era Society 5.0”.

Dijelaskan Dekan FIA UNILAK Alexsander Yandra SIP MSi, berdasarkan tema yudisium menjadikan lulusan berkarakter, berkompeten dan berdaya saing merupakan bentuk integrasi dari apa yang diharapkan dari seorang lulusan perguruan tinggi yaitu kualitas.

Tentunya menjadi sarjana itu pilihan tetapi menjadi sarjana yang berkarakter dan berkompeten adalah kewajiban.

“Sebagaimana visi misi UNILAK menjadi universitas unggul ditingkat nasional berlandaskan budaya Melayu pada tahun 2030. Maka karakter berbudaya Melayu menjadi ciri khas dari lulusan, yang termanifestasi kedalam 7 nilai UNILAK sebagai karakter tegas dari civitas akademika yaitu religius, jujur, visioner, disiplin, berintegritas, bermartabat, dan berkerjasama,” katanya.

Oleh karena itu tegas meaning yang ada dalam 7 nilai UNILAK yaitu lulusan siap berdaya saing dan berkompetisi pada dunia kerja dengan karakter yang jelas.

Lebih lanjut dikatakan, hasil penelitian yang dilakukan NACE USA mengenai kualitas lulusan perguruan tinggi yang diharapkan dunia kerja, diperingkatkan dari 1-20 kualitas dengan skor skala 1-5.

Di antaranya adalah kejujuran/integritas, kemampuan bekerja sama, interpersonal, etos kerja yang baik, inisiatif yang tinggi, mampu beradaptasi, kemampuan analitikal, computer, berorganisasi, berorientasi pada kedetailan, leadership, percaya diri, berkepribadian ramah, beretika, bijaksana, kreatif, humoris dan kemampuan entrepreneurship.

“Dan tahukah Anda peringkat ke berapakah IPK seorang sarjana dalam persaingan dunia paska kampus? Dengan IPK ≥ 3,0, ternyata ada di peringkat ke 17 dari urutan 20. Mengagetkan bukan?. Dan ternyata yang menduduki peringkat pertama adalah kemampuan komunikasi yang baik dan strategis.

Maka dari itu dan pada kesempatan yudisium yang ke 42 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Lancang Kuning mari kita wujudkan lulusan yang berkualitas mampu berdaya saing dengan karakter dan kompetensi mumpuni,” himbau Alexsander.

Wakil Rektor II UNILAK Hardi SE MM berharap agar lulusan turut memberikan informasi yang positif tentang institusi. Diantaranya dengan keberhasilan alumni yang menduduki sejumlah posisi strategis di lembaga pemerintah dan non pemerintahan.

" Di usia yang 39 tahun, UNILAK sudah matang dalam menjawab permasalahan internal dan eksternal terutama dalam memberikan pelayanan. Kita akan mendorong hal ini sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi," katanya.

Peserta yudisium kali ini mencapai 47 orang. Artinya, lulusan FIA UNILAK kali ini sejak berdiri sudah mencapai 5.606, mereka semua tersebar di berbagai instansi pemerintah dan non pemerintah seperti menjadi aparatur sipil negara (PNS, Honorer/ pegawai dengan perjanjian kontrak, kepolisian, TNI), lembaga legislatif, swasta serta lainnya. (RILIS)

Editor: rinalsagita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved