Breaking News:

Berita Riau

Sidang Perdana Perkara Korupsi DAK Dumai, Mantan Walikota Zul AS Akan Diadili 1 April 2021

mantan Walikota Dumai Zul AS yang didakwa suap pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) bakal menjalani sidang perdana pada tanggal 1 April 2021 mendatang

ist
dana Alokasi Khusus 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU-Zulkifli Adnan Singkah atau akrab disapa Zul AS, akan menjalani sidang perdana terkait perkara dugaan tindak pidana korupsi.

Adapun dugaan rasuah yang menjerat mantan Walikota Dumai itu, yakni terkait suap pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kota Dumai, dalam APBNP Tahun 2017 dan APBN 2018.

Perkara tersebut ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Sidang perdana akan digelar pada Kamis (1/4/2021)," kata Panitera Muda (Panmud) Tipikor PN Pekanbaru, Rosdiana Sitorus, Sabtu (27/3/2021).

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK telah melimpahkan berkas perkara Zul AS ke Pengadilan Tipikor pada PN Pekanbaru, pada Kamis (25/3/2021) lalu.

Baca juga: Warga Dumai Tertangkap Tangan Bawa Sabu Senilai Rp 600 Juta di Musi Rawa Sumsel

Baca juga: VIDEO Puluhan Insan Pers di Dumai Ikuti Vaksinasi Tahap 3 Dosis Pertama

Untuk diketahui, penyidikan perkara yang menjerat Zul AS ini, sudah dilakukan sejak September 2019.

Perkara ini merupakan pengembangan dari perkara dugaan suap terkait usulan dana perimbangan keuangan daerah dalam RAPBN Perubahan Tahun Anggaran 2018.

Juru Bicara KPK, Ali Fikri, setelah pelimpahan berkas perkara ke PN Pekanbaru, maka untuk penahanan Zul AS selanjutnya menjadi kewenangan pihak pengadilan.

"Saat ini tempat penahanan yang bersangkutan tetap dititipkan di Rutan Polres Metro Jakarta Timur," kata Ali.

Disebutkan Ali, terdakwa didakwa dengan dakwaan, Kesatu; Pertama: Pasal 5 ayat (1) huruf b UU Tipikor Jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Halaman
1234
Penulis: Rizky Armanda
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved