Breaking News:

Orang Tua Diminta BPBD Riau untuk Awasi Anak, Intensitas Hujan di Riau Mulai Tinggi

Pemprov melalui BPBD Riau mengingatkan agar masyarakat di bantaran sungai terkait intensitas hujan yang mulai tinggi.

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Ariestia
Istimewa
FOTO ILUSTRASI - Level indikator air Sungai Kampar. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau mengingatkan agar masyarakat yang tinggal dibantaran sungai meningkatkan kewaspadaanya. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau mengingatkan agar masyarakat yang tinggal dibantaran sungai meningkatkan kewaspadaanya.

Sebab saat ini intensitas hujan di Riau mulai tinggi yang berdampak terhadap terjadinya luapan air sungai.

"Karena curah hujan sekarang sudah mulai tinggi, kita ingatkan masyarakat jangan sampai hujan ini justru jadi tempat bermain-main. Karena sudah banyak kejadian ada warga dan anak-anak yang hanyut," kata Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan BPBD Riau, Jim Ghafur, Minggu (28/3/2021).

Imbauan ini disampaikan BPBD Riau menyusul semakin tingginya intensitas hujan di Riau. Jim mengingatkan agar orang tua bisa mengawasi anak-anaknya agar tidak beraktifitas di dalam atau pinggir sungai tanpa ada pengawasan dari orang tua.

"Terutama kepada orang tua, tolong lebih waspada lagi untuk memperhatikan anak-anaknya, jangan sampai ada kejadian lagi anak yang hanyut, karena saat intensitas hujan tinggi itu rawan sekali. Jadi jangan biarkan anak-anak mandi di sungai tanpa ada pengawasan dari orang tua, pengawasan orang tua sangat diperlukan," ujarnya.

Sejauh ini BPBD Riau sudah melakukan antisipasi terjadinya bencana banjir di Riau. Sebab saat ini Riau mulai masuk musim penghujan. Sehingga sejumlah wilayah yang langganan banjir harus diantisipasi sejak sekarang.

"Sekarang ini sedang masa trsansisi dari musim kemarau ke musim hujan, april nanti baru masuk musim hujan, setelah itu, Mei, Juni itu mulai masuk kemarau lagi. Jadi bkita dari BPBD Riau sudah melakukan antisipasi, pelaralatan, logistik dan personil semua sudah kita siapkan," kata Jim.

Bahkan menurut keterangan Jim, saat ini pihaknya sudah mendistribusikan sejumlah peralatan dan logistik ke daerah yang sudah terendam banjir.

"Seperti tadi kita sudah kirim kan tim dan peralatan ke beberapa titik banjir di Pekanbaru di Tenayan Raya. Tim sudah kita turunkan di lokasi dan melakukan evakuasi," kata Jim.

Namun untuk kondisi banjir di Pekanbaru sifatnya masih sementara akibat hujan deras. Sehingga air tidak tergenang lama dan saat ini kondisinya sudah mulai surut. (Tribunpekanbaru.com/Syaiful Misgiono)

Artikel lain terkait hujan di Riau

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved