Breaking News:

Tak Ada Verifikasi Data Pemilih,Bagaimana Tahapan Pemilihan Suara Ulang?Ini Penjelasan KPU Inhu

Tak ada lagi verifikasi data pemilih. Bagaimana tahapan pemilihan suara ulang?Ini penjelasan Ketua KPU Inhu

istimewa
Tak Ada Verifikasi Data Pemilih,Bagaimana Tahapan Pemilihan Suara Ulang?Ini Penjelasan KPU Inhu. Foto:Suasana rapat KPU Inhu bersama pemangku kepentingan membahasas tahapan PSU di Kabupaten Inhu, Jumat (26/3/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, RENGAT - Tak ada lagi verifikasi data pemilih. Bagaimana tahapan pemilihan suara ulang?Ini penjelasan KPU Inhu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) telah menyusun tahapan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Hal itu sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) RI nomor 18 tahun 2020.

Ketua KPU Inhu, Yenni Mairida mengatakan, sesuai dengan tahapan yang telah disusun bahwa KPU Inhu tidak ada akan lagi melaksanakan verifikasi data pemilih.

Sehingga, dipastikan tidak ada perubahan jumlah pemilih selain pemilih tambahan saat pelaksanaan pencoblosan pada tanggal 9 Desember 2020 lalu.

Sesuai dengan penjelasan Yenni, jumlah surat suara yang akan didistribusikan adalah sebanyak 332 surat suara.

Yenni menjelaskan, hal ini sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 03 Desa Ringin, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Inhu itu ditambah 2,5 persen surat suara cadangan.

Dan ditambah dengan jumlah pemilih tambahan yang tidak masuk ke dalam DPT dan mencoblos dengan menggunaan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Jumlah DPT di TPS 03 sebanyak 307 DPT, ditambah surat suara cadangan 2,5 persen jadi 315 ditambah dengan jumlah pemilih tambahan 17 orang jadi total surat suara yang akan disalurkan sebanyak 332," katanya.

Yenni memastikan tidak ada pemilih tambahan baru saat pelaksanaan PSU.

Halaman
1234
Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved