Breaking News:

Pelantikan Bupati Pelalawan Terpilih

Jadwal Pelantikan Bupati Pelalawan Terpilih 26 April, Padahal Akhir Jabatan Bupati 21 April, Kenapa?

Jadwal Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan terpilih , Zukri Misran - Nasarudin diketahui akan berlangsung pada tanggal 26 April mendatang

Penulis: johanes | Editor: Nolpitos Hendri
istimewa
Jadwal Pelantikan Bupati Pelalawan Terpilih 26 April, Padahal Akhir Jabatan Bupati 21 April, Kenapa?. Foto: Bupati Pelalawan terpilih Zukri Misran 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN - Jadwal Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan terpilih , Zukri Misran - Nasarudin diketahui akan berlangsung pada tanggal 26 April mendatang.

Jadwal Pelantikan Bupati Pelalawan terpilih itu sesuai dengan yang diagendakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui suratnya yang dikirimkan ke seluruh daerah.

Jadwal Pelantikan Bupati Pelalawan terpilih termasuk dalam pelantikan yang diselenggarakan serentak periode kedua, setelah pelantikan periode pertama dilaksanakan beberapa waktu lalu oleh Gubernur Riau.

Dalam surat Kemendagri yang diteken Dirjen Otonomi Daerah, adapun daerah yang akan dilantik pada 26 April yakni kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada Bulan Februari, Maret, dan April. 

"Surat daei Kemendagri sudah kita terima dan sudah kita sampaikan kepada pimpinan. Pelantikan akan digelar 26 April mendatang secara hybrid," terang Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Pelalawan, Tengku Mukhlis, kepada tribunpekanbaru.com, Selasa (30/03/2021).

Tengku Mukhlis menerangkan, berdasarkan surat yang diterima dari Dirjen Otda Kemendagri, Pemda tengah mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk pelantikan termasuk secara birokrasi.

Meski pelantikan pada 26 April, namun akhir masa jabatan bupati dan wakil bupati periode 2016-2021 jatuh pada 21 April mendatang. 

Alhasil ada jeda waktu antara akhir masa jabatan kepala daerah yang lama dengan kepala daerah yang akan diambil sumpahnya.

Kekosongan pimpinan akan berlangsung selama lima hari sebelum bupati dan wakil bupati yang baru sah dikukuhkan.

"Jadi selama lima hari itu akan ditunjuk Pelaksana harian (Plh) oleh pak Gubernur Riau untuk mengisi kekosongan," tambah Tengku Mukhlis.

Dijelaskannya, biasanya Plh bupati yang ditunjuk yakni pejabat tertinggi yang ada di Pelalawan.

Penunjukan dilakukan melalui Surat Tugas (ST) dan bukan Surat Keputusan (SK) serta akan berakhir setelah kepala daerah yang baru dilantik.

Berita terkait Pelantikan Bupati Pelalawan Terpilih lainnya

Artikel berjudul " Jadwal Pelantikan Bupati Pelalawan Terpilih 26 April, Padahal Akhir Jabatan Bupati 21 April, Kenapa? " ini ditulis wartawan Tribunpekanbaru.com / Johannes Wowor Tanjung .

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved