Breaking News:

Pelantikan Bupati Pelalawan Terpilih

Pelantikan Bupati Pelalawan Terpilih, Gubernur Riau Syamsuar Sebut Secara Serentak

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan terpilih bersamaan dengan pelantikan bupati dan wali kota se Indonesia.

Tribun Pekanbaru/Dok
Gubernur Riau Syamsuar. Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengungkapkan, pelantikan Bupati dan wakil bupati Pelalawan terpilih Zukri Misran-Nasaruddin bersamaan dengan pelantikan bupati dan walikota se Indonesia. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar mengungkapkan, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan terpilih Zukri Misran-Nasaruddin bersamaan dengan pelantikan bupati dan walikota se Indonesia.

Syamsuar mengatakan bahwa pelantikan tahap kedua untuk di Provinsi Riau akan dilakukan secara serentak sesuai petunjuk Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

"Pelantikan Bupati tahap kedua di Provinsi Riau sudah ditetapkan dan akan dilaksanakan pada tanggal 26 April nanti secara serentak," kata Syamsuar, Selasa (30/3/2021).

Bupati Pelalawan terpilih dilantik serentak bersama bupati dan walikota terpilih se karena Akhir Masa Jabatan (AMJ) bupati Pelalawan H Harris berakhir 21 April 2021 ini.

Sehingga pelantikannya bisa dilaksanakan bersamaan dengan kepala daerah lainya secara serentak se Indonesia.

"Pelalawan akan dilantik serentak pada pelantikan tahap kedua, serentak nanti dengan kepala daerah lainnya se Indonesia," katanya.

Sedangkan untuk Bupati terpilih kabupaten Kuansing, Siak dan Rohil belum dilantik pada tanggal tersebut karena AMJnya baru berakhir Mei dan Juni 2021 mendatang.

Sedangkan untuk bupati dan wakil bupati Inhu serta Rokan Hulu terpilih akan dilantik setelah PSU selesai dan sudah ditetapkan oleh Mendagri. Jika tahapanya bisa selesai sebelum tanggal 26 April. Maka bisa saja pelantikan kedua daerah ini dilantik bersamaan. Sebab AMJ bupati Inhu dan Rohul sudah berakhir sebelum tanggal 26 April 2021.

"Khusus Inhu dan Rohul kalau sudah selesai tahapan PSUnya nanti kita tunggu penetapan jadwal pelantikan oleh Menteri Dalam Negeri," katanya.

Seperti diketahui, pada Pilkada serentak Desember 2020 lalu, ada sembilan daerah di Riau yang ikut melaksanakannya. Dari sembilan daerah tersebut, sudah ada tiga bupati dan walikota terpilih yang dilantik.

Yakni Bupati dan wakil bupati Bengkalis, Kasmarni - Bagus Santoso, Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti, M.Adil - Asmar serta Walikota dan Wakil Walikota Dumai, Paisal - Amris.

Sedangkan enam daerah lagi masih menunggu jadwal pelantikan selanjutnya. Yakni, Kabupaten Pelalawan, Kuansing, Siak, Rokan Hilir, Indragiri Hilir dan Rokan Hulu. (Tribunpekanbaru.com/Syaiful Misgiono).

Berita terkait pelantikan Bupati terpilih

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved