Breaking News:

Video Berita

VIDEO: ‎Vaksinasi Massal Untuk Lansia di Kota Dumai Sudah Mulai Dilaksanakan

Bukan hanya itu saja, tambahnya, lansia yang boleh di vaksin adalah memiliki kurang dari lima penyakit diantaranya, diabetes,

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - ‎Pemerintah kota Dumai, dalam hal ini Dinas Kesehatan (Dinkes) bersama satuan Tugas (Satgas) Covid-19 sudah mulai melakukan Vaksinasi khusus Lanjut usia (Lansia) di kota Dumai. 

Plt Kepala Dinkes Dumai, dr Syaiful mengungkapkan bahwa Vaksinasi khusus lansia yang  di pusatkan di Rumah sakit umum daerah (RSUD), kota Dumai, sudah mulai dilaksanakan.

Ia menambahkan, Vaksinasi khusus Lansia ini  di pusatkan di Aula lantai 2 IGD RSUD Dumai, dengan pembatasan kuota, dalam sehari maksimal 50 orang.

Lebihlanjut dijelaskanya, bahwa untuk vaksina‎si khusus lansia ini harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu di Puskesmas, yakni Puskesmas, Dumai Kota, Jaya Mukti, Bumi Ayu, dan Puskesmas Purnama. 

‎"Memang sebelum kita buat hanya datang ke RSUD dan membawa KTP sudah bisa langsung di vaksin, namun kita khawatir akan terjadi penumpukan, sehingga kita buat untuk Vaksin lansia harus mendaftar di Puskesmas dan vaksinnya langsung di RSUD Dumai.  Dalam sehari kita akan menvaksin 50 lansia, yang di jadwal  per puskesmas, ini didilakukan agar tidak terjadi penumpukan di RSUD Dumai," katanya, kepada Tribunpekanbaru.com, Senin (29/3/2021). 

Diterangkanya, ada beberapa kereteria lansia yang boleh di vaksin, salah satunya yakni, lansia itu harus berusia diatas 60 tahun dengan tidak kesulitan naik 10 anak tangga, dan tidak sering merasa lelah. 

Bukan hanya itu saja, tambahnya, lansia yang boleh di vaksin adalah memiliki kurang dari lima penyakit diantaranya, diabetes, kanker, penyakit paru kronis, serangan jantung, gagal jantung kongestif, nyeri dada, asma, nyeri sendi, stroke, penyakit ginjal. 

Selanjutnya, Kemudian lansia tidak kesulitan jalan kaki antara 100-200 meter, dan tidak mengalami penurunan berat badan drastis dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

"Jika lansia sudah mengantongi minimal tiga syarat ‎maka vaksin boleh diberikan, dan itu juga harus dilakukan skrining," imbuhnya. 

Syaiful berharap, para lansia yang memenuhi syarat bisa segera datang ke RSUD Dumai, untuk dilakukan vaksinasi, dan melakukan pendaftaran di Puskesmas.

"Semoga vaksinasi khusus lansia ini bisa lancar, dan bisa dilanjutkan dengan tahap-tahap selanjutnya," pungkasnya

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved