Breaking News:

4.435 Kantong Darah berhasil Dikumpukan Relawan Peduli Covid-19 Riau

Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1442 H, Relawan Peduli Covid-19 Riau bersama UTD PMI Kota Pekanbaru melaksanakan Donor Darah

istimewa
Toni Lim, Penggagas Relawan Peduli Covid-19 Riau menerima penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia bersama Pemerintah Kota Pekanbaru dan Pemerintah Provinsi Riau yang diserahkan langsung oleh Awan Rahargo, Senior Manager MURI di Hotel FurayaPekanbaru, 27 Maret 2021 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1442 H, Relawan Peduli Covid-19 Riau bersama UTD PMI Kota Pekanbaru melaksanakan Donor Darah & Donor Plasma Konvalesen “Riau Mendonor, Gerakan 3000 Kantong Darah Ramadhan”.

Menurut penggagas Relawan Peduli Covid-19 Riau, Toni Lim, kali ini kita mengangkat tema Riau Mendonor dengan alasan agar Donor Darah ini menjadi gaya hidup dan menjadi tradisi dalam setiap individu dan mengajak seluruh warga Riau untuk turut mendonor kan darahnya, karena donor darah ini sangat baik untuk kesehatan dan bisa menyelamat kan jiwa sesama sesuai dengan slogan “give blood give life”.

Kita ingin mengajak warga Riau untuk bersama-sama dan secara rutin mendonorkan darah sehingga donor darah nantinya menjadi budaya di Bumi Lancang Kuning ini, apalagi menjelang bulan Ramadhan nanti kebutuhan darah sangat banyak dan minat pendonor biasanya menurun apalagi pada masa pandemi Covid-19 merupakan salah satu faktor menurunnya minat pendonor oleh sebab itu kami berharap gerakan ini akan memberi motivasi kepada para pendonor dan juga pendonor pemula.

Disamping donor darah, kami juga mendukung program pemerintah pencanangan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen.

Hal ini mengingat meningkatnya permintaan Plasma Konvalesen sebagai upaya meningkatkan kesembuhan dan menurunkan angka kematian penderita COVID-19.

Kegiatan Donor Darah dan Plasma Konvalesen ini dilaksanakan sejak tanggal 21 hingga 27 Maret 2021 bertempat di Hotel Furaya Pekanbaru. Dari kegiatan ini Relawan Peduli Covid-19 berhasil mengumpulkan 4.435 kantong darah dari 5.380 calon pendonor yang mendaftar.

Pencapaian jumlah kantong darah tersebut melebihi target dan tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia sebagai Donor Darah & Plasma Konvalesen Terbanyak. Dengan demikian Relawan Peduli Covid-19 Riau untuk kedua kalinya mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia yang secara langsung diserahkan oleh Awan Rahargo selaku Senior Manager Museum Rekor Dunia Indonesia.

Kegiatan donor darah ini didukung oleh Pemerintah Provinsi Riau, Pemerintah Kota Pekanbaru, TNI, Polri, Kejaksaan, Badan Intelejen Negara Daerah Riau, Kanwil DJP Riau, Kanwil Bea Cukai, Organisasi Sosial dan Kemasyarakatan, Lembaga Keagamaan, Perusahaan Swasta dan berbagai pihak.

Disamping dilaksanakan kegiatan Donor Darah, Relawan Peduli Covid-19 Riau pada saat bersamaan juga melaksanakan Vaksinasi Massal untuk Lansia dan Petugas Layanan Publik yang diselenggarakan pada tanggal 23 sd 26 Maret 2021 bertempat di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru dengan nama “Gerakan 5000 Vaksinasi Covid-19”. Pada kegiatan Vaksinansi Massal ini berhasil divaksin 5.965 orang dengan jumlah pendaftar sebanyak 6.099.

Pelaksaan kegiatan donor darah & Plasma Konvalesen serta Vaksinasi Massal tersebut juga mendapat perhatian dari Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia dr. Dante S. Harbuwono, Sp.PD, PhD, KEMD.

Wakil Menteri Kesehatan RI  melakukan tinjauan atas pelaksanaan kegiatan tersebut dan beliau mengatakan baru pertama kali melihat adanya sinergi donor darah dan vaksinasi dan beliau berharap kegiatan ini bisa menjadi contoh untuk daerah lain di Indonesia.

Disamping melaksanakan kegiatan Donor Darah & Plasma Konvalesen, Toni Lim, Penggagas Relawan Peduli Covid-19 Riau juga menjadi Relawan Pajak dan menghimbau Wajib Pajak untuk mengisi dan menyampaikan SPT Tahunan paling lambat hari ini 31 Maret 2021 untuk Wajib Pajak Orang Pribadi dan 30 April 2021 untuk Wajib Pajak Badan, kami juga menyediakan stand untuk Kanwil DJP Riau guna memberi asistensi penyampaian SPT Tahunan tersebut. Darah Kita, Pajak Kita. Pajak Kita, Vaksin Kita. Setetes Darah Kita Berguna Untuk Mereka, Setoran Pajak Kita Berguna Bagi Bangsa,  demikian tutup Toni.(rls)

Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved