Breaking News:

60 Siswa SMK Bina Profesi Sambangi Tribun Pekanbaru, Ikuti Pelatihan Singkat Jurnalistik

60 siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bina Profesi Pekanbaru melakukan kunjungan ke Kantor Tribun Pekanbaru

Tribunpekanbaru.com/Fernando Sikumbang
Siswa SMK Bina Profesi Pekanbaru melihat dari dekat mesin cetak koran Tribun Pekanbaru dalam kunjungan, Selasa (30/3). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sebanyak 60 siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bina Profesi
Pekanbaru selama dua hari, 29-30 Maret 2021, melakukan kunjungan ke Kantor Tribun Pekanbaru.

Kunjungan ini diisi kegiatan pelatihan singkat tentang jurnaslitik, struktur organisasi dan sistem kerja redaksi Tribun Pekanbaru.

Kepala SMK Bina Profesi Pekanbaru Riyanto SKom M.Kom, mengatakan kegiatan kunjungan ke Tribun Pekanbaru dalam rangka peningkatan kompetensi siswa-siswi khususnya program keahlian otomatisasi tata kelola perkantoran SMK Bina Profesi Pekanbaru.

"Untuk mencapai salah satu misi SMK Bina Profesi Pekanbaru yakni mengembangkan dan meningkatkan profesi serta profesionalisme tenaga pendidikan, maka sekolah menyelenggarakan kegiatan ini," kata Riyanto, saat mendampingi siswa.

Dijelaskan Riyanto, SMK Bina Profesi Pekanbaru selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik terhadap peserta
didiknya.

Tidak hanya mendapatkan teori di bangku sekolah, siswa juga diajak langsung turun ke lapangan, ke perusahaan-perusahaan guna melihat langsung proses kerja.

Sebagai sekolah kejuruan, menurut Riyanto SMK Bina Profesi dituntut untuk menghasilkan lulusan yang siap bersaing mendapatkan lapangan kerja.

Namun demikian, saat ini di SMK Bina Profesi disiapkan program yang tidak hanya menghasilkan lulusan yang siap bekerja saja.

Program ini jelas Riyanto disingkat dengan BMW. Kelas ini berisikan siswa yang disiapkan untuk langsung memasuki bekerja setelah luluss.

Kemudian M, yakni kelas melanjutkan kuliah dan W yaitu kelas bagi siswa yang ingin wirausaha.

Sehingga ke depan, dengan program ini siswa lulusan SMK Bina Profesi memiliki komptensi yang mempuni begitu selesai menamatkan pendidikan dengan spesialisasi khusus, apakah lulusan kelas B, kelas M, atau kelas W.

"Harapan kami dengan belajar ke Tribun Pekanbaru bisa menambah wawasan baru bagi para siswa, seperti apa dunia kerja sesungguhnya. Mereka harus memiliki skill dan wawasan agar bisa bersaing memasuki dunia kerja yang persaingannya makin ketat," ujar Riyanto.

Ditambahkan Riyanto, untuk meningkatkan kompetensi para lulusan nantinya, SMK Bina Profesi juga telah menjalin kerjasama dengan ratusan perusahaan dan belasan perguruan tinggi yang ada di Riau maupun di luar Riau.

Dalam kunjungan tersebut, para siswa juga diperkenalkan dengan cara kerja industri media cetak, online, mulai dari pencarian berita hingga proses pencetakan koran dan tayang di situs www.tribunpekanbaru.com.

Para siswa SMK Bina Profesi antusias mengikuti pemaparan terkait jurnalistik yang disampaikan News Manager Tribun Pekanbaru Febri Hendra. (Tribunpekanbaru.com/Fernando Sikumbang) 

Penulis: Fernando
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved