Breaking News:

Omzet Meningkat Tajam Berkat PLN Peduli

PLN UIP3BS. Melalui donasi yang digalang oleh pegawai maka diadakanlah kegiatan Jumat Berbagi yang secara rutin diadakan setiap minggunya   

istimewa
Usaha Tanjak Mak Des di Acara Ekonomi Kreatif Rights. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Raut bahagia tampak di wajah Sri Deswita, Koordinator UMKM Tanjak Mak Des yang berlokasi di Perumahan Permata Ratu, Jl. Parit Indah, Pekanbaru, Riau, pasalnya, setelah PLN memberikan bantuan melalui program PLN Peduli, kini ia bisa meningkatkan omsetnya hingga lebih dari 3 kali lipat dari sebelumnya.

Sri Deswita mendirikan kelompok UMKM ini sejak tahun 2016. Berawal dari sekadar mengurus kostum pada sanggar tari, belajar membuat sunting dan perlengkapan tari, termasuk tanjak salah satunya.

Tanjak Mak Des merupakan salah satu Mitra Binaan PLN UIP3B Sumatera yang bergerak di bidang crafting aksesoris dan pakaian adat Melayu dengan produk unggulan diantaranya Tanjak, Teluk Belange Songket, Kebaya Laboh, Sunting Melayu, dan lain sebagainya yang semuanya merupakan barang-barang khas  Bumi Lancang Kuning.

Semenjak didirikan hingga sekarang, PLN merupakan satu-satunya Instansi yang melirik usahanya untuk diberikan bantuan. Banyak manfaat dari bantuan yang diberikan oleh PLN Peduli. “Alhamdulillah semenjak dapat bantuan kami udah bisa memasarkan produksi tanjak ke luar provinsi Riau”, ungkap Sri Deswita.

Sebelumnya terkendala modal dan alat untuk produksi dalam jumlah besar, sehingga banyak tawaran yang ditolak. “Dulu mau ambil pesanan banyak dari sekolah modal tak punya, dan mau ikut pameran pun barang sedikit yang ready”, ucap Sri Deswita.

“Sekarang alhamdulillah kami sering diundang oleh Dinas Koperasi dan UMKM untuk membuka stand di Mall dan ngambil seragam tanjak untuk sekolah”, tambahnya.

Selain itu, Tanjak Mak Des juga menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. “Sebelumnya 4 orang di bagian produksi, 1 orang promosi dan pengantaran barang, sekarang kami tambah untuk produksi 2 orang, dan marketing 1 orang”, jelasnya.

PLN berharap melalui bantuan ini dapat memperbaiki ekonomi masyarakat sekitar, terlebih dalam kondisi pandemi saat ini.

Serta diharapkan adanya timbal balik dari masyarakat untuk ikut serta menjaga instalasi PLN agar dapat beroperasi optimal sehingga PLN dapat terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. (adv)

Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved