Breaking News:

Polsek Tak Lagi Lakukan Penyidikan

Tunggu Petunjuk Teknis,Kapolres Tanggapi 2 Polsek di Dumai Tak Lagi Lakukan Penyidikan,Ini Katanya

2 polsek di Kota Dumai termasuk dalam 20 Polsek di lingkungan Polda Riau tidak lagi dapat melakukan penyidikan. Ini penjelasan Kapolres Dumai

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: Nurul Qomariah
Tribun Pekanbaru/Tangkapan Layar Video
Tunggu Petunjuk Teknis,Kapolres Tanggapi 2 Polsek di Dumai Tak Lagi Lakukan Penyidikan,Ini Katanya. Foto: Kapolres kota Dumai, AKBP Andri Ananta Yudisthira. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - 2 polsek di Kota Dumai termasuk dalam 20 Polsek di lingkungan Kepolisian Daerah Riau tidak lagi dapat melakukan penyidikan.

Menyusul Keputusan Nomor Kep/613/III/2021 tertanggal 23 Maret 2021 yang dikeluarkan Kepala Kepolisian Republik Indonesia.

Kepala Kepolisian RI atau Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan, pada daerah tertentu, Kepolisian Sektor (Polsek) tidak bisa lagi menyidik. Kepolisian Sektor hanya memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

Terkait keputusan Kapolri Tersebut, ada 2 polsek di Kota Dumai, yang ditentukan tidak bisa lagi menyidik.

Kepolisian Sektor hanya memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, yakni Polsek Dumai Kota dan Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Dumai.

Kapolres Dumai, AKBP Andri Ananta Yudisthira mengaku, bahwa terkait Keputusan Kapolri tersebut, Polres Dumai, sejatinya akan mengikuti dan mendukung penuh Keputusan Kapolri.

"Apalagi Keputusan ini merupakan salah satu program prioritas Pak Kapolri pada bidang transformasi, program penataan kelembagaan, dan kegiatan penguatan dan Polres sebagai lini terdepan pelayanan Polri, tentu harus di dukung penuh," katanya, kepada Tribunpekanbaru.com, Rabu (31/3/2021).

AKBP Andri menerangkan, bahwa hingga saat ini pihaknya masih menunggu arahan atau petunjuk teknis ‎dalam penerapan Keputusan tersebut, dan hal-hal apa yang harus dilakukan.

Menurutnya, keputusan Kapolri tentunya akan berdampak baik pada pelayanan Polri kepada masyarakat, karena keputusan tersebut merupakan salah satu program Prioritas.

"Jadi kita masih menunggu petunjuk teknis dari keputusan itu, tentu ada langkah-langkah yang harus dilakukan, dalam penerapanya," sebutnya.

AKBP Andri menerangkan, berdasarkan Keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor Kep/613/III.2021 tentang Penunjukan Kepolisian Sektor Hanya untuk Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat pada Daerah Tertentu, ada dua Polsek yakni, Polsek Dumai Kota dan KSKP Dumai.

"Memang dua polsek tersebut dari segi jarak memang dekat dengan Polres, dan berdasarkan keputusan tersebut dua polsek itu masuk ke dalam keputusan kapolri Nomor Kep/613/III.2021," pungkas Andri.

( Tribunpekanbaru.com / Donny Kusuma Putra )

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved