Breaking News:

Pemprov Riau dan Gapki Riau Dukung Wujudkan 1.000 Rumah Bagi Buruh Perkebunan Kepala Sawit di Riau

Pemerintah Provinsi atau Pemprov Riau dan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit atau Gapki Riau mendukung wacana pembangunan 1.000 unit rumah

Tribun Pekanbaru/Rino Syahril
Pemprov Riau dan Gapki Riau Dukung Wujudkan 1.000 Rumah Bagi Buruh Perkebunan Kepala Sawit di Riau. Foto: Ketua GAPKI Riau Jatmiko K Santosa mendampingi Gubernur Riau Drs H Syamsuar bersama BP Jamsostek, Bank BNI 46 dan perwakilan Serikat Pekerja/Serikut Buruh di riau menandatangani MoU Pembangunan Rumah bagi pekerja Perkebunan di Pekanbaru, Rabu (31/03). GAPKI Riau mendukung program pemerintah dan BP Jamsostek untuk menyediakan rumah layak huni bagi pekerja, direncanakan hingga 2024 1000 rumah dapat dibangun bagi pekerja di perkebunan kelapa sawit. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi atau Pemprov Riau dan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit atau Gapki Riau mendukung wacana pembangunan 1.000 unit rumah hingga 2024 mendatang bagi kaum buruh perkebunan kelapa sawit di Riau .

Langkah Pemprov Riau dan Gapki Riau itu selaras dengan program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BP Jamsostek) dalam membangun perumahan terjangkau bagi buruh perkebunan kelapa sawit di Riau . 

Gubernur Riau Drs H Syamsuar, dalam keterangannya usai menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dalam kegiatan aksi bersama Gapki Riau , BP Jamsostek, BNI, Serikat Pekerja dan Buruh Perkebunan Sawit di Pekanbaru pada Rabu (31/3/2021) mengatakan program perumahan bagi kaum buruh perkebunan kelapa sawit di Riau tersebut akan membantu meningkatkan kesejahteraan buruh sektor perkebunan kelapa sawit. 

"Rencana pembangunan rumah bagi para pekerja dan buruh ini sudah lama ditunggu-tunggu.

Saya sangat menyambut baik rencana ini demi peningkatan kesejahteraan pekerja," kata Syamsuar dalam sambutannya. 

Pada tahun ini, BP Jamsostek yang memegang mandat pembangunan rumah tersebut menargetkan dapat membangun sebanyak 100 rumah.

Namun, hingga 2024 mendatang, Syamsuar menargetkan dapat dibangun hingga 1.000 rumah. 

"Hingga 2024 mendatang, targetkan 1.000 rumah. Jika satu keluarga terdiri dari empat orang, maka bisa dinikmati 4 ribu orang. Semoga Allah meridhai langkah kita," harapnya. 

Syamsuar menyebutkan bahwa sektor perkebunan sawit merupakan salah satu motor penggerak ekonomi Bumi Lancang Kuning.

Bahkan, di masa pandemi Covid-19, sektor itu terbukti ampuh untuk terus bertahan dan menopang ekonomi Riau tidak anjlok. 

Halaman
123
Penulis: Rino Syahril
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved