Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Rumah UMKM Duo Anggota DPRD Pekanbaru Sudah Buka, Siap Pulihkan Ekonomi Warga di Masa Pandemi

Duo politisi Partai Gerindra DPRD Pekanbaru Nurul Ikhsan dan Ginda Burnama, membuat terobosan positif, yang sangat membantu warga, di masa pandemi.

Istimewa
Dua Anggota DPRD Pekanbaru Nurul Ikhsan dan Ginda Burnama ST (tengah), foto bersama dengan pengelola, usai soft opening Rumah UMKM RUG di Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru, Kamis (1/4/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Duo politisi Partai Gerindra DPRD Pekanbaru Nurul Ikhsan dan Ginda Burnama, membuat terobosan positif, yang dipastikan sangat membantu warga, di masa pandemi ini.

Terobosan yang dilakukan, dengan mendirikan Rumah UMKM, yang berlokasi di Jalan Arifin Ahmad, Pekanbaru. Tempat yang dilabeli dengan nama Rumah UMKM Nurul Ginda (RUG), sudah dibuka (soft opening), pada Kamis petang (1/4/2021).

Pembukaan Rumah UMKM ini langsung dipimpin Nurul Ikhsan dan Ginda Burnama, yang merupakan owner Rumah UMKM RUG tersebut.

"Alhamdulillah, persiapan kita di lokasi sudah memadai. Meski belum rampung semuanya, namun masyarakat yang sudah punya stand, bisa langsung jualan," kata Nurul Ikhsan di sela-sela pembukaan.

Untuk diketahui, Rumah UMKM RUG ini di tahap pertama menyediakan 110 stand. Dari jumlah tersebut, sampai soft opening sudah terisi sekitar 97 stand. Sisanya masih kosong.

"Format kita awal ini, warga yang mengisi stand gratis. Namun ada kewajiban pemakai stand, untuk membayar uang listrik, kebersihan/keamanan dan gudang tempat penyimpanan barang sebesar Rp 750 ribu. Ini berlaku untuk satu bulan, dan ini promonya hingga tiga bulan ke depan. Setelah itu kita evaluasi," paparnya.

Lebih lanjut disampaikannya, khusus selama Bulan Ramadhan nanti, rumah UMKM RUG hanya buka setiap hari mulai pukul 16.00 hingga usai Magrib. Setelah itu tutup hingga selesai Sholat Tarawih. Selanjutnya dibuka lagi hingga tengah malam.

"Jadi selama malam Bulan Puasa, mulai Sholat Isya dan Tarawih kita tutup. Usai Tarawih baru buka lagi. Kita wajib melaksanakan ibadah lah selama Ramadhan tersebut," tambah Nurul Ikhsan yang juga Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru ini.

Hal yang sama juga disampaikan owner lainnya Ginda Burnama ST, yang juga Wakil Ketua DPRD Pekanbaru. Katanya, Rumah UMKM ini buka sudah melengkapi perizinan yang diwajibkan. Termasuk halnya izin dari Satgas Covid-19, menyediakan tempat cuci tangan di lokasi, sarana parkir, serta izin lainnya.

"Jadi intinya, masyarakat yang berkunjung ke sana, wajib mematuhi protokol kesehatan. Karena kita juga dievaluasi," sebutnya.

"Untuk kita tahu bersama, di rumah UMKM ini menjual makanan, minuman dan barang lainnya. Yang jelas, semuanya halal dan tidak ada minuman beralkohol," tegasnya.

Latar belakang didirikan Rumah UMKM RUG ini, karena banyak keluhan warga yang masuk ke DPRD Pekanbaru, termasuk saat reses, terpuruknya ekonomi di masa pandemi ini.

Bahkan, keluhan tempat usaha juga menjadi persoalan bagi pelaku UMKM, sehingga terjadi penurunan omset, sehingga gulung tikar. "Ini lah motivasi kami mendirikan Rumah UMKM ini, untuk menggeliatkan lagi ekonomi warga, yang saat ini dalam kesulitan. Mudah-mudahan ini menjadi solusi yang tepat," sebutnya. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).  

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved