Breaking News:

TERUNGKAP! Seribuan Pasangan Suami Istri di Siak Belum Punya Akta Nikah, Ini Penjelasannya

Terungkap, seribuan pasangan suami istri di Siak belum punya akta nikah , maka Disdukcapil Siak bekerjasama dengan Pengadilan Agama dan Kemenag Siak

Instagram.com
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Terungkap, seribuan pasangan suami istri di Siak belum punya akta nikah , maka Disdukcapil Siak bekerjasama dengan Pengadilan Agama dan Kemenag Siak .

Pernikahan seribuan pasangan suami istri di Siak belum punya akta nikah itu karena pernikahan mereka tidak terdaftar secara hukum di Pengadilan Agama , sehingga mereka tidak memiliki akta nikah.

Atas kondisi itu seribuan pasangan suami istri di Siak yang belum punya akta nikah itu diberikan kemudahan untuk mendapatkan akta nikah agar diakui oleh negara.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Disdukcapil Siak mendata pasangan suami istri di Siak yang tidak terdaftar secara hukum atau tidak memiliki akta nikah melebihi seribuan pasangan.

Buktinya ada seribuan lebih orang mengurus administrasinya menggunakan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) di dinas tersebut. 

Demi membantu pasangan suami istri yang belum mempunyai akta nikah itu diadakan kerjasama tiga pihak, yakni Disdukcapil Siak, Pengadilan Agama (PA) Siak Sri Indrapura dan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Siak.

Kerja sama itu dalam rangka memberikan pelayanan kepada pasangan suami istri yang tidak terdaftar tersebut untuk mendapatkan akta nikahnya melalui sidang isbat. 

“Benar lebih seribuan pasangan suami istri yang tidak terdaftar secara hukum atau tidak mempunyai akta nikah, tentu mereka sulit dalam mengurus keperluan administrasi kependudukan untuk anak-anak mereka,” kata Kepala Disdukcapil Siak Hasmizal didampingi Kepala Bidang Capil Tengku Wahid kepada Tribunpekanbaru.com, Kamis (1/4/2021).

Disdukcapil ingin membantu proses bagi pasangan suami istri tersebut agar bisa mengurus keperluan administrasi kependudukannya.

Syarat pasangan suami istri mempunyai status yang berkekuatan hukum atau mendapatkan akta nikah harus berdasarkan keputusan pengadilan, sehingga pihaknya bekerjasama dengan PA dan Kemenag Siak. 

Halaman
1234
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved