Breaking News:

Video Berita

Video: Menjelang Ramadhan, TPU Budi Kemulian Dumai Ramai Dikunjungi Penziarah

Penziarah di TPU Jalan Budi Kemuliaan ini, tidak hanya diziarahi oleh masyarakat Dumai saja, namun juga ada dari luar kota, seperti Pekanbaru. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI- Menziarahi kubur keluarga, kawan maupun orang tua, merupakan tradisi sebahagian masyarakat menjelang ibadah puasa di Bulan ramdhan, sekaligus membersihkan kuburan sanak keluarga. 

Tradisi menziarahi makam keluarga, sudah terlihat ramai di Tempat Perkuburan Umum (TPU) Jalan Budi Kemuliaan, pada Minggu (4/4/2021). 

Penziarah di TPU Jalan Budi Kemuliaan ini, tidak hanya diziarahi oleh masyarakat Dumai saja, namun juga ada dari luar kota, seperti Pekanbaru. 

Terlihat para Peziarah di TPU Budi‎ Kemuliaan, berdatangan bersama keluarganya, bahkan terlihat ada keluarga yang datang mengunakan mobil pic up. 

Ebo yang merupakan  pembersihan dan keamanan parkir TPU Budi Kemuliaan mengaku, bahwa peziarah yang datang ke TPU Budi Kemuliaan, ini mulai ramai dikunjungi sejak Sabtu (3/4/2021). 

Ia menambahkan, kebanyakan peziarah yang datang dari luar kota Dumai, seperti dari Pekanbaru, dan luar daerah lainnya, yang memang ada keluarganya yang di kubur di TPU ini. 

"Kebanyakan sih dari luar bang, banyak plat nomor mobil dari Pekanbaru, mereka berziarah sekaligus berlibur ke Dumai," katanya, kepada Tribunpekanbaru.com, Minggu (4/4/2021). 

Dirinya menjelaskanya, ziarah kubur ini biasanya akan lebih ramai lagi ketika empat atau dua hari menjelang bulan ramadhan, karena memang untuk saat ini masih masyarakat dari luar Dumai, yang datang berziarah. 

Edo berharap, kepada para peziarah untuk bisa menjaga kebersihan makam, yang telah diziarahi, karena kebersihan merupakan hal yang mudah dilakukan, namun sukar untuk dijalankan. 

Diakuinya, dengan adanya peziarah ini tentunya sedikit membantu pendapatnya, dari menjual minuman dan bunga-bunga.

"Ya adalah kita dapat Rp50 ribu sehari dari menjual bunga-bunga dan minuman, ini mungkin berkah bagi kami sebagai pembersih kuburan," sebutnya. 

Sementara, Samsul warga Pekanbaru, menyempat diri untuk menziarahi makam keluarganya, yang dikebumikan di TPU Budi Kemuliaan. 

"Kan sudah dekat bang karena ada jalan tol, liburan sekalian berziarah kemakam keluarga, ya memang menjelang Ramdhan ini kita rutin ko ke sini," ungkapnya. 

Syamsul mengucapkan terima kasih kepada ‎pengurus TPU yang sudah membersihkan makam keluarganya, tentunya ini merupakan hal kecil namun sangat berarti. 

"Kita menziarahi keluarga kita disini berharap almarhum bisa dilapangan kuburnya," pungkasnya.  (‎Tribunpekanbaru.com/donny kusuma putra)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: aidil wardi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved