Breaking News:

Dua Ekor Gajah Liar Masuk Kebun Warga di Pelalawan, BKSDA Riau akan Turunkan Tim Mitigasi

Dua ekor gajah liar dilaporkan masuk ke kebun warga di Kelurahan Pangkalan Lesung Kecamatan Pangkalan Lesung, Kabupaten Pelalawan.

Istimewa
Dua ekor gajah liar dilaporkan masuk ke kebun warga di Kelurahan Pangkalan Lesung Kecamatan Pangkalan Lesung, Kabupaten Pelalawan, Riau pada Senin (05/04/2021) pagi. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Dua ekor gajah liar dilaporkan masuk ke kebun warga di Kelurahan Pangkalan Lesung Kecamatan Pangkalan Lesung, Kabupaten Pelalawan, Riau pada Senin (05/04/2021) pagi.

Dua ekor gajah tersebut telah merusak tanaman yang ada di kebun masyarakat seperti kelapa sawit dan tumbuhan lain.

Masyarakat mengetahui serangan gajah liar itu saat berangkat ke kebun pada pagi hari.

Selain itu, warga juga menemukan kotoran gajah di dalam kebun berdekatan dengan tanaman sawit yang dirusak.

Kepala Bidang Wilayah l Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau, Andri Hansen Siregar membenarkan adanya laporan gajah masuk ke kebun masyarakat, tepatnya di Dusun Tambun Kelurahan Pangkalan Lesung Kecamatan Pangkalan Lesung.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan kelurahan terkait konflik satwa tersebut dengan petani sawit.

"Gajahnya diperkirakan ada dua ekor. Tadi kami sudah berkoordinasi dengan kecamatan untuk laporan awalnya," beber Andri Hansen kepada tribunpekanbaru.com, Senin (05/04/2021).

Andri Hansen menyebutkan, pihaknya akan menurunkan tim ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk melakukan mitigasi terhadap masuknya gajah ke kebun warga.

Selain memastikan jumlah dan ukuran hewan berbadan bongsor itu, tim akan berupaya menggiring kembali gajah itu ke areal hutan.

Agar menjauh dari kebun warga dan menghindari konflik yang berkepanjangan.

Halaman
12
Penulis: johanes
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved