Breaking News:

Kedatangan Wisatawan Asing ke Riau Meningkat 200 Persen, Namun Jumlahnya Bikin Miris, Ini Sebabnya

Jumlah kedatangan wisawatan asing ke Riau tahun 2021 meningkat 200 persen, namun jumlahnya bikin miris, ternyata ini sebabnya.

Tribun Pekanbaru/Mayonal Putra
Kedatangan Wisatawan Asing ke Riau Meningkat 200 Persen, Namun Jumlahnya Bikin Miris, Ini Sebabnya. Foto: Istana Siak menjadi satu objek wisata di Riau yang sering dikunjungi wisatawan asing atau wisatawan mancanegara 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Jumlah kedatangan wisawatan asing ke Riau tahun 2021 meningkat 200 persen, namun jumlahnya bikin miris, ternyata ini sebabnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik atau BPS Riau , setidaknya ada 1 orang wisatawan asing ke Riau pada Januari 2021 lalu.

Pada bulan Februari ada peningkatan kedatangan wisatawan asing ke Riau 200 persen yakni sebanyak 3 orang wisatawan asing.

Berdasarkan data dari BPS Riau, 3 orang wisatawan asing ke Riau itu masuk melalui Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru pada saat itu.

Kepala BPS Riau, Misfaruddin mengatakan, terdapat 4 pintu masuk wisatawan asing ke Riau yang disediakan pada bulan Februari 2021 lalu, yakni Pelabuhan Dumai, Pelabuhan Bengkalis dan juga Pelabuhan Meranti, dan SSK II Pekanbaru.

Ia menambahkan, belum berakhirnya pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia masih menjadi faktor utama yang sangat mempengaruhi kunjungan wisatawan asing ke Riau dan ke Indonesia.

"Pandemi Covid-19 menjadi faktor utama penurunan kedatangan wisatawan asing ke Riau .

Namun begitu, asa peningkatan yang cukup signifikan terjadi pada Februari dibandingkan dengan bulan Januari.

Terjadi kenaikan 200 persen pada bulan Februari 2021, karena bulan Januari hanya satu wisatawan asing yang datang ke Riau," kata Misfaruddin kepada Tribun, Senin (5/4/2021).

Misfaruddin juga membandingkan dengan bulan Februari tahun 2020, yang ketika itu Covid-19 belum menyebar di Indonesia, ribuan wisatawan asing datang ke Riau dari berbagai negara.

"Pada tahun 2020 lalu ketika kondisi masih normal atau sebelum ada pandemi Covid-19), jumlah wisman yang datang ke Riau mencapai 3.762 kunjungan, kemudian terjadi penurunan yang sangat drastis pada tahun berikutnya dibulan yang sama, Februari 2021," ujarnya.

Untuk pola kunjungan wisatawan asing ke Provinsi Riau melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II yang berada di Kota Pekanbaru selama tahun 2018-2019 dikatakan Misfaruddin, menunjukkan kondisi yang cukup berfluktuasi.

"Tapi sebaliknya, pada tahun 2020 mulai bulan April hingga Desember hampir tidak ada wisatawan asing ke Riau melalui pintu masuk Bandara SSK II karena pandemi Covid-19," tuturnya.

Berita terkait wisatawan asing ke Riau lainnya

Artikel berjudul " Kedatangan Wisatawan Asing ke Riau Meningkat 200 Persen, Namun Jumlahnya Bikin Miris, Ini Sebabnya " ini ditulis wartawan Tribunpekanbaru.com / Alexander .

Penulis: Alex
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved