Breaking News:

Riau International Fashion Festival 2021 Kembali Gairahkan Bisnis Fashion

Aneka rancangan hasil kreasi Batik Riau ditampilkan pada closing ceremony Riau International Fashion Festival 2021, Minggu

Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Ketua Yayasan Pesona Kreasi Riau, Amnah Awaloeddin foto bersama Ketua Persit KCK Korcab Rem 031 PD I/BB, Fitri Rudiyanti serta ibu-ibu Persit KCK Korcab Rem 031 PD I/BB yang menjadi satu penampilan pamungkas dalam event Riau Intersional Fashion Festival 2021, Minggu (4/4/2021) petang. Aneka rancangan hasil kreasi Batik Riau ditampilkan pada closing ceremony Riau International Fashion Festival 2021. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Aneka rancangan hasil kreasi Batik Riau ditampilkan pada closing ceremony Riau International Fashion Festival 2021, Minggu (4/4/2021) petang.

Satu persatu model melangkah di catwalk memperagakan sejumlah busana dengan kreasi Batik Riau.

Para model menampilkan rancangan dari para desainer yang tergabung dalan Indonesia Fashion Chamber di Living World Pekanbaru.

Mereka yang menampilkan busana ini di hadapan para tamu kehormatan dan pengunjung pusat perbelanjaan.

Ada juga penampilan dari ibu-ibu Persit KCK Korcab Rem 031 PD I/BB yang menjadi satu penampilan pamungkas dalam iven fashion tersebut. Mereka merupakan binaan Ketua Persit KCK Korcab Rem 031 PD I/BB,
Fitri Rudiyanti.

Ketua Yayasan Pesona Kreasi Riau, Amnah Awaloeddin menyebut bahwa event ini bertujuan memperkenalkan Batik Riau ke tingkat nasional dan internasional. Para desainer juga sudah berkreasi dengan batik Riau dalam iven ini.

"Alhamdulillah jajaran pemerintah daerah mendukung iven ini. Kami bangga kegiatan ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak," ujarnya saat clossing ceremony Riau International Fashion Festival 2021, Minggu petang.

Iven ini digelar untuk menggairahkan lagi  para pelaku bisnis fashion untuk kembali bekarya dalam pandemi covid-19. Karya dari sejumlah desainer ditampilkan dalam iven yang berlangsung empat hari.

Ada desainer dari Jakarta, Medan, Yogyakarta, Bandung medan, Malaysia, Singapuran dan Paris. Maka ia berharap iven ini jadi tolak ukur bagi desainer lokal dalam berkarya.

Dirinya juga mengapresiasi para desainer luar Riau yang ikut berkreasi dengan Batik Riau. Mereka berkreasi dengan batik maupun tenun Riau sebagai bahan utama.

Event ini juga melibat Dekranasda dari sejumlah daerah. Satu di antaranya Dekranasda Kabupaten Batu Bara dari Provinsi Sumatra utara. Ada juga perwakilan dari Indragiri Hilir dan Kampar serta daerah lainnya di Riau ikut ambil bagian dalam fashion show.

Event ini juga menghadirkan sejumlah desainer yakni Erdan, Arya Arka , Dana Duriyatna dan Leni Rafael. Ada juga Malik Mustaram, Ida Giriz, Sugeng Waskito dan Dadang Kusdarto serta Yuni Pohan.

Turut hadir Della Septianti dan Micky AFI. Ada juga desainer lokal yang hadir dalam Indonesia Fashion Chamber.

Dirinya berterima kasih banyak pihak swasta yang ikut mengapresiasi kegiatan ini. Ia mengajak kalangan pemerintah dan swasta ikut memakai batik khas Riau.

Komandan Korem (Danrem) 031 Wira Bima, Brigadir Jenderal TNI M Syech Ismed SE MHan mengapresiasi kegiatan ini. Ia berharap kegiatan ini ikut memperkenalkan Batik Riau ke taraf nasional dan internasional.

Dirinya berpesan agar penggiat acara tetap memperketat protokol kesehatan. Ia berharap nantinya tidak ada lagi penyebaran covid-19.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat menutup secara resmi iven fashion ini. Ia mengapresiasi kegiatan ini karena membangkitkan Batik Riau di tengah lesunya industri kreatif.

Dirinya mengajak seluruh desainer di Riau untuk terus berkreasi. Walau di tengah pandemi covid-19.

"Kita berharap tahun depan kegiatan serupa bisa digelar lagi," terangnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Batubara, Maya Indriasari Zahir mengatakan bahwa perwakilan Kabupaten Batubara ikut menampilkan songket tenun khas daerah itu. Kolaborasi dengan desainer Yuni Pohan untuk menampilkan kain kreasi khas daerah.

Ada sejumlah desainer yang rancangannya diperagakan dalam hari terakhir Riau International Fashion Festival 2021.
Mereka yakni Leny Rafael/Leny Anggraeni, Muhammad Abyan Syah dan Ariy Arka.

Ada juga rancangan dari Yuni Arfita Pohan X Dekranasda Batubara- Sumut, Angle Atelier dan Wandros Pratiwi.

Ada juga penampilan dari Ibu-Ibu Kadis Inhil, RS Awal Bros Edukas, LawStar Jewellery Show dan Cikpuan Berprestasi.

(Tribunpekanbaru.com/Fernando Sikumbang) 

Penulis: Fernando
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved